Dorong Industri Lebih Maju, UNDIP Kolaborasi Dengan KEIN Gelar FGD

Infokampus.news – Dalam rangka mendorong industri lebih maju Universitas Diponegoro (UNDIP) bekerjasama dengan Komite Ekonomi dan Industri Nasional menggelar pengumpulan informasi dan diskusi kelompok Focus Group Discussion (FGD), di Ballroom Gumaya Tower Hotel, Semarang. Forum yang bertemakan “ Industri Pilihan Dalam Kerangka Strategis Industrialisasi Indonesia 2045” dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Wakil Rektor II Undip, Ketua KEIN, Plh. Setda Provinsi Jateng, dan beberapa Civitas Akademik di Jawa Tengah.

Wakil Rektor II Undip, Dr. Darsono,S.E.,Akt.,MBA dalam sambutanya berterimakasih kepada KEIN yang telah berupaya mengembangkan industrialisasi di Indonesia. Warek II Undip mengatakan bahwa ada 4 fokus FGD kali ini antara lain sektor industri agro, industri maritim, industri ekonomi kreatif dan pariwisata tak lain untuk menjaring mutual penggerak dalam perekonomian Indonesia khususnya Jawa Tengah.

“Pertumbuhan perindustrian saat ini dipengaruhi oleh stabilnya kekuatan permintaan, dan dalam kesempatan ini akan kita bahas aspek-aspek tersebut dalam hal paling detail yaitu level pedesaan” ujar Warek II Undip dilansir dari laman UNDIP (28/2/2017).

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan KEIN dalam tugas dan fungsinya dibentuk oleh presiden sebagai penasehat dalam hal industri nasional. KEIN saat ini hadir sebagai bagian strategi industri di Indonesia dan Undip hadir dengan nilai positif sehingga mampu bersinergi untuk menjadikan Indonesia lebih hebat.

“ Indonesia memiliki potensi yang besar, namun belum dioptimalkan dan hanya mengandalkan bahan baku, serta masih sedikit industri yang melakukan peningkatan nilai tambah produk” tutur Menteri Perhubungan.

Dalam seminar FGD tersebut, Ketua KEIN Soetrisno Bachir sependapat dengan pernyataan Menteri dan Warek II Undip dalam hal memajukan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Soetrisno mengatakan sebelum dibentuknya komite tersebut, industri di Indonesia mengalami ketidakefisiensi dalam mengelola bahan baku atau material sehingga dalam konsumsinya selalu mengimport barang dari luar negeri seperti Thailand, Myanmar dan Negara maju lainnya. Soetrisno juga menambahkan bahwa KEIN yakin dapat menggerakan ekonomi Indonesia dengan fokus pada 4 sektor tersebut yang melibatkan SDM dan SDA yang berkompeten. Soetrisno juga berharap perlu adanya dukungan dari berbagai pihak dalam menyempurnakan roadmap KEIN waktu ini serta pembangunan infrastruktur yang merata. (FAM)

 

Sumber: UNDIP

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kembangkan Sekolah Vokasi, UNDIP Jalin Kerjasama Dengan Industri

Universitas Diponegoro (UNDIP) menjalin kerjasama dengan PT. Varia Usaha Beton guna mengembangkan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro

Close