Dorong Kerjasama Antar Perguruan Tinggi, STIKI Perluas Kerjasama Internasional di China

Infokampus.news, Malang –  Untuk menghadapi persaingan global perlu adanya sebuah kerjasama antar negara, tidak menuntut kemungkinan terjadinya kerjasama dapat memberikan banyak dampak positif bagi masing-masing negara. Kerjasama dapat dijalin melalui beberapa hal seperti politik, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi. Disetiap negara tentunya memiliki cara dan ciri khas masing-masing dalam menyikapi sebuah masalah, ini dapat dijadikan poin penting untuk saling bertukar pikiran dan pengetahuan.

STIKI terus berupaya memperluas kerjasama internasional dengan berbagai institusi pendidikan dari berbagai negara, melalui forum 10th China-ASEAN Education Cooperation Week di Guiyang, China pada tanggal 28-31 Juli 2017 lalu STIKI membuat perluasan jaringan di skala Internasional.

Kegiatan ini sendiri diselenggarakan oleh pemerintah China selama sepekan dalam upaya mendorong kerjasama antara perguruan tinggi di China dengan perguruan tinggi di Asia Tenggara. Seluruh delegasi yang diundang mendapatkan kesempatan untuk saling mengenal perguruan tinggi di China, baik yang belum memiliki kerjasama maupun meningkatkan kerjasama yang berkualitas antar institusi. Forum ini dihadiri oleh delegasi dari negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia. Dari Indonesia sendiri ada 15 institusi yang diundang untuk mengikuti forum 10th China-ASEAN Education Cooperation Week.

13 Kerjasama STIKI Untuk Program Studi Internasional

Sebelumnya STIKI telah memiliki 13 kerjasama dengan perguruan tinggi di China, kerjasama ini melingkupi program pertukaran mahasiswa dan dosen, program pascasarjana untuk jenjang S2 & S3, serta pendidikan non-degree. STIKI sudah bekerjasama dengan negara-negara di Asia seperti Korea Selatan, China, dan Jepang untuk program studi internasional.

Dr. Eva Handriyantini selaku Ketua STIKI, menjadi perwakilan dalam forum ini memaparkan kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi di China dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa serta dosen terhadap kemajuan pendidikan di China. Termasuk di dalamnya pertukaran budaya serta bahasa yang dapat diikuti oleh semua civitas akademika STIKI.

STIKI akan terus mendorong mahasiswa untuk memperoleh wawasan serta pengalaman dalam program internasional. Di era global serta keterbukaan informasi yang tanpa batas dibutuhkan SDM yang unggul serta memiliki wawasan global. Mereka yang punya wawasan dan pengalaman luas mempunyai peluang lebih besar untuk sukses di masa depan. Oleh sebab itu, STIKI terus mengupayakan berbagai beasiswa yang dapat diakses oleh mahasiswa dan sivitas akademika untuk mengikuti program internasional” ungkapnya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gaya Ospek Asik Ala Ma Chung Festival

Berbeda dengan kampus lainnya, Universitas Ma Chung memiliki cara sendiri untuk menyambut mahasiswa barunya

Close