Dosen Australia Ini Angkat ‘Nama Angkot’ Untuk Memorable Learning

Infokampus.news, Malang – Prof. David Reeve dari University of New South Wales (UNSW) Australia hari ini memberikan banyak tips dan pengalaman serta pengajaran baru bagi mahasiswa Universitas Wisnuwardhana Malang (UNIDHA). Dalam kuliah umum dan bedah buku yang digelar hari ini (6/4) ia memaparkan temuan sekaligus isi buku yang ia tulis sendiri.

Dalam bukunya berjudul Bus dan Angkot Minangkabau, ia menemukan bahwa banyak bahasa yang ada di angkutan umum yakni bus dan angkot sangatlah unik dan memorable. Untuk itulah ia meneliti bahasa-bahasa tersebut dan mulai ia boyong ke negeri asalnya sebagai bahan pembelajaran.

“Mahasiswa itu punya kecenderungan gampang ingat, namun gampang lupanya lebih besar. Untuk itu saya mencari cara menggunakan kalimat atau frasa yang ada di kendaraan umum di Indonesia. Khususnya bis dan angkot di Minangkabau, karena mereka sangat unik bahasanya dan juga memorable maknanya, dramatic touch.” Ujarnya sambil diikuti dengan gelak tawa mahasiswa.

Kata dan Kalimat Dramatis di Angkutan Umum Unik, Sehingga Mudah Diingat

Reeve memaparkan, sebagai pengajar bahasa Indonesia di negerinya sendiri ia harus mencari metode agar para mahasiswanya mampu menghafal bahasa asing dengan cara unik. Salah satunya adalah mengajarkan bahasa dramatis pada semua muridnya, yang mana dengan begitu ketertarikan dan pemahaman mereka terhadap kosakata baru akan semakin meningkat.

“Untuk itu, saya mengajarkan bahasa yang dramatis apa ya. Kalau di iklan, baliho, iya juga sih, tapi yang paling memorable dan berkesan sekaligus dramatis ya ini. Jadi mereka gampang ingat dengan sesuatu yang menarik dan dramatis, saya rasa semua orang juga bergitu.”  Tandasnnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UM Siapkan 840 Komputer Hadapi SBMPTN 2017!

Universitas Negeri Malang (UM) tahun ini tercatat menyiapkan paling banyak komputer untuk menghadapi Computer Base Test (CBT) SBMPTN 2017. Sebanyak...

Close