Dosen FISIP UB Bagi Tips Polling dan Riset Pilwali Batu

Infokampus.news, Batu – Menghadapi Pilwali Kota Batu 2017 mendatang, tim dosen dari Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) menggelar workshop riset kepemiluan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Kamis, 13 Oktober 2016. Tim yang terdiri dari Wawan Sobari, MA, Phd, Amin Heri Susanto, Lc, Phd, Faza Dhora Nailufar, S.IP, M.IP, dan 4 mahasiswa FISIP menggelar workshop riset kepemiluan dengan kritis dan efektif sebagai wujud Tri Dharma perguruan tinggi.

Wawan Sobari, ketua tim dosen FISIP UB merasa perlu menggelar pengabdian masyarakat ini, mengingat ada beberapa rilis lembaga survey yang terkesan terburu-buru dari sejumlah lembaga survei pada pilkada atau pileg di daerah lain.

“Banyak hasil poling yang hasilnya aneh, lalu bagaimana kita membaca dan menyikapi itu,” kata Wawan.

Baca Juga :

Adapun dua hal yang dibahas dalam workshop ini adalah metodologi polling untuk riset pemilu dan teknik membaca kritis hasil riset opini (polling). Metodologi dijelaskan secara terperinci mulai tahapan riset pemilu, meliputi short polling, benchmark dan campaign plans, tracking polls, desain penelitian, dan metode sampling.

Mengapa perlu? Sebab publikasi riset merupakan salah satu indikator keberhasilan demokrasi yang mampu menguak isu-isu terpendam dan aspirasi masyarakat.

“Riset juga berguna untuk pendidikan politik bagi pemilih, kontestan, maupun penyelenggara,” imbuhnya. (Gpl)

Foto : Galuh – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STS Forum Menyambut Era Society 5.0

Setiap tahun STS forum menyelenggarakan pertemuan yang dihadiri sekitar 1200 peserta dari lebih 100 negara.

Close