Dosen FKUB Ini Temukan Fakta Tanaman Pagagan Efektif Sembuhkan Penyakit Parkinson

Infokampus.news, Malang – Penyakit parkinson merupakan salah satu penyakit peringkat kedua di dunia yang sering dialami lansia setelah penyakit alzheimer. Hal itulah yang diungkapkan Dr. Husnul Khotimah S.Si, M.Kes., salah satu dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Malang yang menemukan fakta lain dibalik pengobatan penderita penyakit parkinson.

Ia mengatakan obat di pasaran hanyalah mengobati gejala yang timbul akibat penyakit ini, yakni kerusakan sel otak.

“Pengobatan obat yang berstandar internasional saja hanya pengobatan simptomatik, yaitu hanya mengurangi gejala.” Imbuhnya.

Lalu ia mencoba untuk menggunakan tanaman pagagan, yang mana dipercaya juga sebagian masyarakat dunia sebagai tanaman obat segala macam penyakit.

“Saya yang terakhir gunakan model parkinson, saya mencoba mengangkat kearifan lokal untuk pengobatan penyakit ini. Karena dulu tanaman pagagan dipercaya sebagai obat segala macam penyakit syaraf.” Tutur dia pada tim infokampus.news.

Penyakit Parkinson Penyakit Gangguan Gerak Yang Mematikan Sel Otak

Menurutnya tanaman pagagan ini justru bisa melindungi sel otak dari kerusakan yang terus melebar akibat penyakit parkinson.

“Ya kematian sel tetap ada tapi bisa ditekan.” Ujarnya.

Penggunaan tanaman pagagan ini sendiri bisa dimanfaatkan bagian atas tanaman yang tidak masuk ke dalam tanah, yakni bagian daun dan batang. Biasanya masyarakat menggunakan tanaman ini sebagai lalapan maupun jus.

“Dijus saja bisa, atau dibuat lalapan bahkan direbus sebentar begitu lalu dikonsumsi. Kalau untuk obat kami masih harus kembangkan dulu hingga fix formulasinya lalu kami baru produksi.” Tutup dia. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Halal Bihalal , Rektor ITN Malang Berharap Peer Besar Kampus Segera Selesai

Hari ini (5/7) Institut Teknologi Nasional Malang menggelar halal bihalal yang dihadiri seluruh civitas akademik ITN Malang

Close