Dosen UNIDHA Ini Temukan Biochar , Arang Yang Mampu Membuat Tanah Lebih Subur!

Infokampus.news, Malang – Biochar adalah bahan sejenis arang yang memiliki kandungan khusus untuk membuat tanah pertanian semakin subur. Adalah Dr. Eny Dyah Yuniwati, S.P., M.P, dosen sekaligus ketua LPPM Universitas Wisnuwardhana Malang (UNIDHA) yang memaparkan penemuannya ini pada tim infokampus.news.

“Biochar ini memiliki kandungan khusus C organik untuk memperbaiki kualitas dan kesehatan tanah, sehingga kesuburan tanah semakin baik. Jadi bisa menurunkan keasaman tanah, meningkatkan kelembaban dan penggunaan pupuk ini lebih efisien.” Tukas dia.

Menurut dia, jika masyarakat sudah menggunakan biochar maka mereka tidak perlu lagi memberi pupuk kimia yang harus digunakan beberapa kali serta harganya mahal pada tanaman mereka. Selain lebih murah dan mudah, biochar ini hanya butuh digunakan sekali saja sebelum penanaman.

“Untuk pengurangi pupuk perlu menambahan biochar dengan dosis tertentu dan perlu berkala begitu, sekali pemberian saja. Tetapi berkelanjutan,” tambahnya.

Temukan Biochar ,Arang Dari Tetumbuhan Kering Yang Dibakar Hingga Menjadi Arang

Biochar ini sendiri terbuat dari tetumbuhan yang ada di sekitar masyarakat, seperti jerami, dedaunan kering, tempurung kelapa dan sebagainya. Jadi biochar ini bisa saja dibuat dengan mudah oleh masyarakat sekitar tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra.

“Lalu bahan-bahan ini dibakar sempurna atau menggunakan prirolisis.” Ujarnya pada tim infokampus.news.

Ia memaparkan arang yang berasal dari tanaman organik ini mampu merubah sifat fisik tanah. Selain itu produk ini juga bisa memperbaiki kesuburan tanah dan produksi tanaman.

“Hasil penelitiannya tentang biochar ini sudah banyak, yang pertama kami ujikan pada tanaman wijen, di Nganjuk, kerjasama dengan Balittas, hasilnya sangat baik pertumbuhannya. Di biayai oleh Dikti dalam Hibah Strategis nasional bidang ketahanan pangan selama 3 tahun (2013-2016).    Ke dua, tahun ini mendapatkan hibah PUPT ( Penelitian Unggulan PT) untuk penggunaan biochar di lahan terdegradasi dengan tanaman ujicoba singkong dan jagung dan hasilnya memang memperngaruhi hasil panen.” Tandas dia. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Daftar Lomba MTQ MAHASISWA NASIONAL XV Tahun 2017!

Kali ini infokampus.news akan membahas daftar lomba yang dilaksanakan pada Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV 2017

Close