Dr. Karlina Supelli, M.Sc memberi Kuliah Umum bertema Pancasila dan Teknologi di Unika Widya Karya Malang

INFOKAMPUS.NEWS –  Universitas Katolik Widya Karya Malang (UKWK) adalah Universitas Katolik pertama di Kota Malang bernama “Unika Atma Jaya Cabang Malang” yang didirikan tahun 1964. kemudian berubah nama menjadi “Unika Malang”, lalu berubah lagi menjadi “Unika Aquino”, dan yang terakhir bernama “Unika Widya Karya”, sampai saat ini.

Universitas Katolik Widya Karya Malang (UKWK) menyelenggarakan Studium Generale, Semester gasal 2019/2020 di Aula St. Thomas Aquino (30/9). Kuliah tamu ini bertemakan “Pancasila dan Teknologi: Merumuskan Kewarganegaraan Generasi Milenial” Oleh Dr. Karlina Supelli, M.Sc.

Dr Karlina menyampaikan “tugas perguruan tinggi membentuk anda menjadi orang yg berilmu, warga akademik. terlatih, kejujuran ilmiah tidak boleh nyontek, tidak boleh plagiat. Dilatih membuahkan ilmu dan teknologi. dan ini tidak otomatis. Jangan percaya rumus ini sebelum anda mencoba. terbuka terhadap kritik maka ada jurnal ilmiah. setia mencari fakta yang relevan”.

Hari Kurniawan, SE, MM, Dosen Fakultas Ekonomi menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum ini diadakan untuk semua fakultas di Unika Widya Karya. Panitia yang menyelenggarakan bergantian/rolling setiap tahun. Pada kesempatan kali ini menjadi tanggung jawab Fakultas Ekonomi menjadi panitia  kuliah umum.

Baca Juga :  Surya Paloh Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Brawijaya

Dr. Agustinus Indradi, M.Pd selaku dosen dan humas Unika Widya Karya menyampaikan bahwa mahasiswa Unika Widya Karya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan beberapa mahasiswa berasal dari Papua. Dosen yang juga berprofesi sebagai Education Trainer dan Motivator ini mejelaskan bahwa dosen dan mahasiswa UKWK berasal dari berbagai daerah dan kepercayaan. Selain dosen ia juga memberikan  pelatihan dan motivasi dengan metode edutainment.

 

 

Unika Widya Karya mencetak lulusan yang berkualitas sehingga dapat diterima dengan kedudukan penting di berbagai profesi. Alumni Atma Jaya banyak yang berhasil  mencapai kedudukan penting, baik di Malang, Surabaya, Jakarta dan lain-lain.

Sebagai perguruan tinggi, UKWK Malang ikut mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi  untuk membangun masyarakat yang lebih sejahtera dan bermartabat. itu dilakukan lewat tridharma perguruan tinggi.

Saat ini Unika Widya Karya memiliki 9 jurusan, tetapi ada sedikit perubahan nama jurusan: Sosial Ekonomi menjadinAgribisnis, Manajemen Informatikan dan Teknik Komputer (MITEK) menjadi Manajemen Informatika (MI), dan D3 kesekretariatan menjadi D3 Manajemen Perkantoran. Keseluruhan jurusan dan perguruan tinggi telah diakreditasi.

Baca Juga :  Ghost Writer 2 Akan Tayang di Bioskop Indonesia Mulai 21 Juli 2022, Simak Sinopsisnya!

Misi 1. menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang humanis, dialogis,  kreatif, inovatif, produktif, efektif-efisien dan interdisipliner. 2. Menyelenggarakan penelitian dan mengintegrasikan berbagai ilmu pengetahuan, melakukan dialog iman dan akal, mentaati etika, dan terbuka terhadap perkembangan IPTEKS. 3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menciptakan kesejahtraan umum (bonum commune).

Jika dihitung berdirinya “Unika” di Malang tahun 1964, maka tahun 2019 ini merupakan tahun Ke-55. Namun, jika dihitung dari pemakaian nama “Unika Widya Karya” maka tahun 2019 merupakan tahun ke-37.Visi kampus menjadi komunitas akademik berkualitas dengan menerapkan IPTEKS dalam karya yang dijiwai nilai-nilai Katolik dan Pancasila. (Rfl)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.