Drummer Band Menteri Kabinet Kerja Ini Adalah Alumni Teknik Geologi UGM, Lho!

Infokampus.news – Beberapa waktu yang lalu kita sempat dihebohkan dengan beberapa menteri yang bermain band dalam acara pernikahan putri salah satu menteri di Yogyakarta. Bisa dikatakan, band menteri kabinet kerja tersebut bisa memainkan musik dengan cukup baik terlepas dari image seorang birokrat yang kaku. Band tersebut tidak hanya terdiri dari para menteri saja, tapi turut menghadirkan beberapa pejabat selain menteri seperti Kepala Staf Kepresidenan dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Salah satu anggota band tersebut adalah Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M. Sc., Ph.D, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dalam band ini, ia mengisi sektor drum dan permainan drum nya sendiri terlihat ciamik seolah rambut dan wajahnya yang mulai menua hanyalah topeng belaka. Meskipun telah menjabat sejak Oktober 2014, namun namanya tak begitu terdengar selayaknya Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani, hingga Wiranto. Siapakah dia? Berikut ulasan singkat tentang Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Hidup Nomaden Sejak Kecil Tak Ganggu Kualitas Pendidikannya

Hidup Nomaden Sejak Kecil Tak Ganggu Kualitas Pendidikannya

Basuki Hadimuljono lahir di Surakarta, 5 November 1954. Meskipun berasal dari Surakarta, ia tumbuh besar di lingkungan yang berbeda karena mengikuti pekerjaan ayahnya sebagai TNI Angkatan Darat yang kerap berpindah-pindah.

Baca Juga :  3 Mahasiswa UI Raih Banyak Penghargaan Berkat Tangan Palsu "Canggih"

Hidup nomaden tak membuat kualitas pendidikannya terganggu. Basuki mampu menamatkan pendidikan SMP-nya di Palembang sebelum pindah ke Papua. Di Papua, ia melanjutkan pendidikan SMA-nya dan tidak sampai lulus karena ayahnya pindah ke Surabaya. Di Surabaya ini, ia bersekolah di SMAN 5 Surabaya, salah satu sekolah elit di Surabaya.

Selepas SMA, ia memilih berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di jurusan Teknik Geologi. Selepas memperoleh gelar sarjana, ia melanglang ke Amerika Serikat dan berkuliah di Teknik Sipil Colorado State University sampai memperoleh gelar Doktor.

Dipercaya SBY Sebagai Tim Penanggulangan Lumpur Lapindo

Dipercaya SBY Sebagai Tim Penanggulangan Lumpur Lapindo

Selepas meraih gelar Doktor, ia kembali ke tanah air dan menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum periode 2005-2007. Setelah itu, ia dipercaya sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum pada 2007-2013 hingga tercatat pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Wijaya Karya (WIKA) pada 2012.

Melihat kemampuannya sekaligus latar belakang pendidikannya di bidang geologi dan pembangunan, Basuki dipercaya oleh Presiden SBY untuk menjadi tim penanggulangan bencana lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo. Tugasnya adalah untuk memantau perkembangan penanganan lumpur Lapindo setiap hari.

Baca Juga :  Ingin Tantangan dan Pengalaman Baru, Mahasiswa Unisma ini Coba Magang di Malaysia
Drummer Band Menteri Kabinet Kerja yang Setia dengan Ponsel Jadul

Drummer Band Menteri Kabinet Kerja yang Setia dengan Ponsel Jadul

Selain akrab dengan pekerjaan pembangunan tol, bendungan, dan infrastruktur lainnya, Basuki juga piawai memainkan drum. Pada salah satu acara sepeda santai di Priok, Jakarta, Basuki terlihat jago memainkan drum hingga 11 lagu, mulai dari dangdut India seperti “Terajana” hingga lagu barat sekelas “Darling” milik The Beatles. Hal yang cukup fenomenal mengingat usianya sudah kepala 6. Bahkan, ia mengaku memiliki band di Kementerian PUPR yang main setiap Jumat pekan terakhir setiap bulan. Luar biasa!

Hal unik lainnya adalah ia masih setia dengan ponsel jadul dengan 12 tombol. Dalam beberapa kesempatan, ia tanpa ragu memperlihatkan ponselnya. Ia bisa dibilang adalah tokoh sederhana yang sarat prestasi sebagai menteri. Prestasinya yang paling menonjol adalah membaiknya infrastruktur Papua dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi. (sig)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *