Dua Mahasiswa Indonesia Delegasi Kemlu Korsel, Bahas Pentingnya MIKTA

Infokampus.news – Dua mahasiswa asal Indonesia terpilih sebagai delegasi Indonesia dalam forum MIKTA Young Leaders Camp 2016 oleh Kementerian luar Negeri Korea Selatan. Mereka adalah Hutomo Danu Saputro mahasiswa tahun akhir di jurusan International and Strategic Studies University of Malaysia, Malaysia dan Kok Alvin Kristanto merupakan mahasiswa jurusan International Bussines Management di Universitas Petra Surabaya.

Baca Juga :

Kegiatan ini dilaksanakan di Gangwon-do, Korea Selatan dan diikuti oleh 30 mahasiswa terpilih sebagai delegasi mewakili negara-negara MKTA yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, dan Australia.

Dilansir dari kemlu.go.id, pembentukan kelompok middle powers MIKTA digagas pada pertemuan informal Menteri Luar Negeri G20 pada bulan Pebruari 2012 lalu di Los Cabos, Meksiko. Sedangkan pertemuan pertama “MIKTA Ministerial Meeting” dilakukan di sela-sela Sesi 68 SMU PBB pada tahun 2013. MIKTA disepakatis sebagai gerakan informal untuk mengambil peran sebagai bridge builder antara negara-negara berkembang dan maju. Dengan pembahasan utama kelima negara yang tergabung adalah demokrasi, situasi ekonomi, serta peran aktif dalam berbagai isu global.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan anggota MIKTA membahas tentang perlunya kesadaran publik mengenai MIKTA di negara masing-masing.

Penulis : Galuh Pandu

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Botol Alarm Unik Karya Pelajar, Tidak Hanya Membangunkan tapi Juga Menyehatkan!

Seiring kemajuan teknologi, kita sering sekali suka mengulur waktu bangun tidur dengan opsi 'snooze' hingga ahirnya tidak jarang kita terlambat...

Close