Dua Prodi Unhas Unggulan, Berikut 5 Prodi Saintek yang Diminati di SBMPTN 2019

Infokampus.news – Seleksi Berasama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019 telah resmi diumumkan secara online pada hari selasa, 9 Juli lalu pukul 15.00 WIB.

Tercatat peserta pendaftar SBMPTN tahun 2019 ini sebanyak 714.652 peserta. Dari 714.652 pendaftar hanya 168.742 peserta saja yang mampu lulus dalam memperebutkan kursi di 85 perguruan tinggi negeri di Indonesia. Dari peserta yang dinyatakan lulus terdiri dari peserta Non Bidikmisi sebanyak 119.777 orang dan peserta pemohon Bidikmisi sebanyak 48.965 orang.

Berikut adalah lima prodi saintek yang paling banyak diminati peserta SBMPTN:

Pendidikan Dokter Universitas Udayana

Pada tahun ini prodi yang banyak diminati peserta SBMPTN datang dari prodi pendidikan dokter di Universitas Udayana, Bali. Sebanyak 2.301 siswa mendaftarkan dirinya pada prodi ini. Prodi pendidikan dokter sendiri mulai berdiri pada tahun 1962 dan sekarang sudah berkareditasi A.

10 pendaftar universitas brawijaya
Agroekoteknologi Universitas Brawijaya

Posisi kedua prodi saitek yang paling banyak diminati peserta SBMPTN yakni ada prodi agroekoteknologi dari Universitas Brawijaya. Pada tahun ini prodi agroekoteknologi menyiapkan kuota sebanyak 234 kursi bagi peserta SBMPTN dan tahun ini jumlah pendaftarnya sebanyak 2.202 peserta. Agroekoteknologi sendiri sudah memiliki akreditasi A.

Baca Juga :  Informasi Pendaftaran Mandiri SIMAK UI 2019, Yuk Daftar!

unhas

Pendidikan Dokter Universitas Hasanudin (2.111)

Posisi ketiga prodi saitek yang paling banyak diminati diduduki oleh  prodi pendidikan dokter dari Universitas Hasanudin. Sebanyak 2.111 peserta SBMPTN mendaftar di prodi ini. Kuota yang disediakan oleh pihak Universitas untuk prodi ini ada 125 kursi. Adapun akreditasi dari prodi pendidikan dokter ini yaitu sudah berakreditasi A.

UPN Veteran Jatim

Agroteknologi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Prodi Agroteknologi dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur pada tahun ini menduduki peringkat keempat prodi saitek yang paling banyak diminati. Jumlah pendaftar SBMPTN  prodi ini sebanyak 1.956. Adapun akreditasi dari prodi Agroteknologi sendiri yaitu sudah berkakreditasi A.

passing grade Unhas 2019

Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (1.920)

Posisi kelima prodi saintek yang paling diminati peserta SBMPTN adalah prodi kesehatan masyarakat dari Universitas Hasanudin. Tahun ini sebanyak 1.920 peserta SBMPTN mendaftar prodi kesehatan masyarakat Universitas Hasanudin yang memiliki daya tampung sebanyak 200 kursi. Akreditasi dari prodi ini adalah sudah berakreditasi A. (Sil)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *