Dunia Maya Mulai Kuasai Perdagangan, Mahasiswa Harus Apa?

Infokampus.news, Malang – Hasil survei We Are Social mencatat bahwa awal tahun 2017, jumlah pengguna dunia maya Indonesia mencapai angka 132,7 juta jiwa. Angka ini sekaligus menobatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet tercepat di dunia. Pesatnya perkembangan ini tentu membawa perubahan dalam banyak hal, salah satunya pemasaran.
Penggunaan media sosial seperti facebook, instagram, youtube serta beberapa media sosial lain untuk memasarkan produk atau jasa, menjadi satu tren yang kini berkembang cukup luas.
“Saat ini current issue terkait perubahan dalam dunia bisnis jatuhnya mengubah pola perilaku konsumen. Strategi komunikasi pemasaran jadul ternyata belum bisa menjawab permasalahan yang timbul pada era teknologi informasi.” Tukas Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Nur Diana SE, Msi dalam Seminar Nasional  Strategi Bisnis dan Perilaku Konsumen Era Digital siang ini (25/7).
Salah satu pembicara, Prof Badrih mengungkapkan adanya pergeseran sumber daya manusia dalam revolusi Industri 4.0.  Banyak perusahaan yang mengurangi tenaga kerja manusia dan menggantinya dengan mesin automation.
“Berdasarkan data pada perusahaan besar dan sedang pada tahun 2013-2015 menunjukkan terjadi penurunan pengeluaran perusahaan untuk biaya tenaga kerja. Sebagai generasi muda Islam, agar kompetitif maka harus bertindak inklusif dan memperluas horizon serta networking dengan penduduk dari negara dan budaya lain.” Tandasnya.
Nah, kalian sebagai mahasiswa milenial sudah mempersiapkan apa nih untuk perkembangan jaman yang pesat ini? (Pus/Hum)

ADV-728_x_90

Baca Juga :  Seleksi Mandiri UB 2019 Sudah Dibuka, Simak Cara Pendaftarannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *