E-Sources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Menurut Johnson et al. (2012) dalam panduan yang dikeluarkan oleh IFLA (International Federation of Library Associations and Institutions) mendefinisikan e-resources sebagai berikut:

“Electronic resources refer to those materials that require computer access, whether through a personal computer, mainframe, or handheld mobile device. They may either be accessed remotely via the Internet or locally.”

 E-resources dalam definisi di atas menunjuk pada semua bahan (koleksi) yang membutuhkan akses komputer baik secara remote (jarak jauh) maupun secara local melalui komputer personal (PC), mainframe, atau perangkat mobile. Hal ini menunjukkan bahwa setiap sumber informasi atau sumber daya informasi yang aksesnya melalui perangkat komputer, maka dapat dinamakan sebagai sumber daya elektronik atau e-resources. Sedangkan perpustakaan digital atau digital libraries dapat dipahami sebagai suatu sistem yang mengakomodir fungsi perpustakaan ‘tradisional’ dalam lingkungan ‘digital’ atau ‘elektronik’. Hal ini diperkuat dengan definisi yang dirangkum oleh Cleveland (1998), yaitu:

 “Digital libraries are the digital face of traditional libraries that include both digital collections and traditional, fixed media collections. So they encompass both electronic and paper materials.”

atau;

 “Digital libraries will serve particular communities or constituencies, as traditional libraries do now, though those communities may be widely dispersed throughout the network”.

Kedua definisi di atas menegaskan bahwa elemen sumber daya elektronik merupakan satu bagian dari elemen yang mendukung perpustakaan digital yang fungsinya bisa jadi merupakan cerminan yang sekarang ada dalam perpustakaan tradisional.

Pada era digital saat ini, perpustakaan tidak dapat lagi menghindar dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Keberadaan Net Generation atau digital natives yang sudah sangat terbiasa dengan sumber daya informasi elektronik adalah sesuatu yang nyata di depan mata. Untuk itu, wajib hukumnya bagi setiap perpustakaan di belahan bumi ini untuk memulai pengembangan sumber daya elektronik. Hal ini penting untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pemustaka sekaligus sebagai daya dukung dalam membangun perpustakaan digital di institusi masing-masing.

Salah satunya saat ini yang menggunakan layanan e-resources adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pemustaka, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal , ebook, dan karya-karya referensi online lainnya.

Setiap anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dan telah memiliki nomor anggota yang sah, berhak memanfaatkan layanan koleksi digital online yang kami langgan (e-Resources).

Untuk menjadi anggota Perpusnas, silahkan lakukan pendaftaran secara online melalui keanggotaan.pnri.go.id, atau dengan mengunjungi gedung layanan Perpusnas di Jalan Salemba Raya 28 Jakarta Pusat / Jalan Merdeka Selatan 11 Jakarta Pusat.

Petunjuk / panduan penggunaan e-resources klik disini , dan jika ada pertanyaan / saran / keluhan terkait layanan koleksi e-Resources ini silahkan disampaikan melalui alamat email [email protected] dengan menyebutkan Nama dan nomor anggota, atau menghubungi Call Center Jasa Layanan Perpusnas di nomor 0800-1-737787

 

(AB)

 

Sumber: Dikutip dari beberapa sumber

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Universitas Negeri Malang
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi Universitas Negeri Malang 2016-2017

Dalam rangka peningkatan mutu mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM) dan penghargan kepada siswa peraih nilai tertinggi Ujian Nasional (UNAS)...

Close