Ekonomi Semakin Lesu, Ini Upaya Jepang dan UNMER Malang Dongkrak UMKM!

Infokampus.news, Malang – Kegiatan perekonomian yang kian lesu terutama di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM tidak hanya dirasakan oleh Indonesia tetapi juga negara maju seperti Jepang. Ditambah lagi dengan banyaknya bencana alam yang akhir-akhir ini sering terjadi, Indonesia maupun jepang menyadari adanya kesamaan kondisi yang terjadi di kedua negara.
Untuk itu Prof. Teruyuki Kawasaki, salah satu profesor asal Jepang yang memprakarsai banyak kerjasama Universitas Merdeka Malang dan beberapa PT di Jepang hari ini turut meberikan buah pikirannya dalam fenomena ekonomi ini.
Menurut Prof. Emeritus dari Konan University Kobe, Jepang mengungkapkan sangat penting untuk membuat laporan keuangan yang transparan saat ini meskipun dalam skala UMKM. “Karena di perusahaan besar mereka benar-benar detail soal sistem internal termasuk akuntingnya, beda dengan UMKM. Padahal dengan transparasi praktik akunting dalam perusahaan ini akan menimbulkan rasa tanggung jawab dan juga manajemen pribadi yang lebih baik,” paparnya.
Dalam Manament accounting lecture forum IAI KAPd International seminar Accounting and Dynamic growth strategy for SMEs ini dekan FEB UNMER Malang juga berharap 200 peserta yang hadir dalam acara ini mampu mengaplikasikan pandangan berbeda dari profesor asal Jepang.
“Saya rasa ini sangat baik untuk membuka pandangan dan sebagai pemanasan kerjasama bagi dua negara ini. Kita tahu permasalahan UMKM juga banyak, salah satunya semoga bisa terpecahkan dalam seminar ini.” Terang Dekan FEB Dr. Rudy Wahyono SE., M.Si. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Pikohidro Terang Benderang
Pikohidro ITN Malang Datang, Desa Gelang Jember Terang Benderang

Infokampus.news - Beberapa daerah di Indonesia masih banyak yang belum mendapatkan aliran listrik. Hal ini membuat Mahasiswa ITN melakukan tindakan

Close