Electric-Kart Milik Mahasiswa Fakultas Teknik UB Ini Belum Ada di Indonesia Lho!

Infokampus.news, Malang – Electric Vehicle E-Kart (Electric-Kart) TEUB SEV adalah prototype kendaraan listrik cerdas pertama dari Universitas Brawijaya Malang (UB) yang dikembangkan oleh kelompok penelitian kendaraan listrik UB. Penelitian ini melibatkan dosen teknik Elektro UB, diantaranya Sholeh Hadi Pramono, Waru Djuriatno, Eka Maulana, Wijono, Fakhry Hario, dan Raden Arief Setyawan serta beberapa mahasiswa.

“Ini merupakan langkah awal untuk sistem transportasi yang hemat energi dan ramah lingkungan,” ujar Eka Maulana.

E-Kart yang dirintis sejak 2015 ini menggunakan sistem penggerak motor listrik bertenaga 12pk dengan tegangan 72-84 volt dari baterai lithium. Saat ini tim masih mengembangkan sistem navigasi cerdas serta pengendalian dan monitoring secara wireless melalui smartphone berbasis android.

“Mumpung ada kegiatan ini (ISC, red) sekalian kami kenalkan dan uji coba sebagai inisiasi Formula-E di Indonesia,” ujar Dr. Sholeh Hadi Pramono yang juga merupakan ketua pelaksana ISC.

Menurut Bayu, salah satu mahasiswa yang bergabung dalam tim ini, prototyope ini sudah mampu melaju dengan batas maksimal 70km/jam. Menurutnya kecepatan ini sama dengan go-kart di pasaran yang menggunakan motor bakar.

“Kedepannya kami akan kembangkan lagi kapasitas baterainya agar bisa lebih cepat melajunya. Memang masih terbatas di driver dan baterainya.” Tukas Bayu.

Uniknya mobil ini juga menggunakan kontrol melalui android untuk mengurangi penggunaan kabel. Selain itu total dana untuk riset ini juga tak main-main jumlahnya. “Total sekitar 100-200 juta,” imbuhnya.

Dalam acara Pengembangan Ilmu dan Teknologi bertajuk Indonesia Supermoto Championship (ISC) 2018 kerjasama UB dengan Eslinore yang digelar di UB Dieng 9 September 2018 silam, pihaknya sudah memperkenalkan Smart Electric Vehicle (SEV).

ISC sendiri adalah ajang sosialisasi Racing Circuit UB 2 Dieng sekaligus observasi instrument pendukung racing (timing system dan video streaming). ISC bertujuan membangun komunitas di bidang otomotif, wahana entertainment, dan edukasi bidang supermoto. (Pus/Mic)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) mengadakan serangkaian acara untuk memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1439 H / 2018 berjudul Gema Ramadhan Teknik (GRT) 1439 H. Seperti tahun-tahun sebelumnya Al Hadiid bersama dengan Unit Dakwah di semua Departemen Fakultas teknik menetapkan tema Gema Ramadhan Teknik tahun ini yaitu “Merebut Ramadhan Berkat Al-Qur’an”. Tahun ini panitia menyiapkan lima rangkaian acara yang akan diselenggarakan pada tanggal 18-25 Mei 2018. Dimulai dengan…
  • Menjadi MAWAPRES FTUB 2018 merupakan kebanggan tersendiri bagi salah satu mahasiswa yang sangat aktif ini. Adalah Muhammad Husni Mubarok, mahasiswa Teknik Mesin

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
mahasiswa FTI UMI
35 Mahasiswa FTI UMI Berangkat jadi Relawan Gempa dan Tsunami di Palu

Infokampus.news – Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, berangkat menuju Sulawesi Tengah,

Close