Empat Kunci Polinema Tembus Gelar World Class University

Infokampus.news, Malang – Beberapa orang tokoh akademisi Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyampaikan orasi ilmiah mereka dalam rapat terbuka senat yang diselenggarakan dalam menyambut dies natalies yang ke-35 Polinema. Rapat terbuka senat tersebut digelar di Aula Pertamina Polinema pada Rabu (12/4) dengan dihadiri seluruh jajaran petinggi dan akademisi Polinema.

Salah satu dari pembicara dalam orasi ilmiah tersebut adalah Dr. Drs. Nur Salam, M.Pd yang mengangkat orasi ilmiah berjudul “Rintisan Menuju Polinema Bertaraf Internasional”. Dalam orasi ilmiahnya itu, ia mengatakan bahwa Polinema perlu mengembangkan ranah kerjasamanya untuk bisa menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional.

“Menurut pendapat saya untuk mencapai tujuan tersebut (menembus ranah internasional), Polinema perlu memperkuat empat hal yaitu kesadaran internasional, pajanan internasional, pengakuan internasional, dan kerjasama internasional. Keempat tahapan tersebut sama pentingnya,” ujar Doktor yang menguasai bidang Pendidikan Bahasa Inggris tersebut.

Pembangunan Pegang Peran Penting

Kesadaran internasional, pajanan internasional, pengakuan internasional, dan akhirnya kerjasama internasional memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Nur Salam mengatakan, Polinema tidak mungkin bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri yang bermutu jika Polinema tidak mereka kenal. Sedangkan Polinema tidak akan dikenal tanpa pajanan internasional, yang dapat dilakukan dengan menyadari pentingnya program internasionalisasi kampus.

Untuk memfasilitasi keempat tahapan demi membuat Polinema dapat menembus dunia internasional, Nur Salam mengatakan bahwa pembangunan memegang peran yang sangat penting. Ada beberapa proram yang menurut Nur Salam dapat mempercepat proses tersebut.

“Polinema harus memulai membangun fasilitas umum dan fasilitas yang terkait dengan proses pembelajaran berstandard internasional, melaksanakan kelas berbahasa Inggris, mencetak semua pengumuman dengan dwi Bahasa, memobilisasi kegiatan internasional mahasiswa, pertukaran mahasiswa ke luar negeri, serta menerjemahkan kurikulum dan silabus di semua jurusan,” ujarnya. (ART)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jalur Masuk Tambahan Untuk Jurusan Islami UIN, IAIN, Dan STAIN Seluruh Indonesia

Jalur khusus ini dikhususkan untuk para calon pendaftar perguruan tinggi yang menyasar jurusan islami perguruan tinggi keagamaan Islam

Close