Empat Perguruan Tinggi di Yogya Siap Selenggarakan SNMPTN 2017

Infokampus.news – Empat perguruan tinggi negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai bersiap menerima mahasiswa baru melalui proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017.

Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengajaran Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Peni Wastutiningsih usai sosialisasi SNMPTN di Graha Sabha Pramana UGM Yogyakarta, Rabu (25/1/2017), mengatakan tahap pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) mulai dibuka 14 Januari hingga 12 Februari 2017.

“Kami berharap tahun ini sekolah lebih cermat dan tidak terlambat dalam pengisian PDSS,” kata Sri.

Menurut dia, pada tahun sebelumnya banyak sekolah yang gagal mendaftar SNMPTN karena melompati pengisian data PDSS. Oleh sebab itu, ia berharap untuk menghindari kegagalan dalam mendaftar, pengisian PDSS oleh sekolah harus dilengkapi seluruhnya sejak awal.

“Tahun ini agak berbeda karena tanpa menyelesaikan halaman isian PDSS pertama maka tidak bisa melanjutkan ke halaman selanjutnya,” tuturnya.

Ia mengatakan untuk jalur SNMPTN 2017 UGM menyediakan kuota 30 persen atau sekira 2.000 dari total jalur penerimaan mencapai 6.672 mahasiswa, selain jalur SBMPTN dengan kuota 40 persen dan jalur mandiri 30 persen.

Kuota untuk SNMPTN di UGM tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan 2016 yang mencapai 40 persen atau 2.649 kursi.

Sedangkan di Kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran menyediakan kuota 693 mahasiswa jalur SNMPTN dari 18 prodi yang ada. Jumlah daya tampung itu mengalami penurunan jika dibandingkan 2016 yang mencapai 696 kursi SNMPTN.

“Apalagi pada tahun ini kami menambah tiga prodi baru yaitu Teknik Metalurgi, Sistem Informasi, dan Ilmu Tanah,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Mohammad Irhas Effendi.

Selanjutnya, di Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tahun ini menyediakan 1.400 kursi mahsiswa baru melalui jalur SNMPTN dari 66 prodi yang ditawarkan. Sementara Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga menyediakan kuota 379 mahasiswa jalur SNMPTN dari 17 prodi yang disediakan. (FAM)

 

Sumber: UGM

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Games Ini Bisa Asah Syaraf Motorik Penderita Autis!

Pada dasarnya anak penderita autis adalah anak yang memiliki IQ tinggi, namun sikap mereka terkadang berbeda dari anak seusia mereka...

Close