Employer Branding: Upaya PLN Jaring Talenta Muda di ITB

Infokampus.news – Seiring dengan persaingan global di era digital ini, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggelar Employer Branding di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ajang yang juga dihelat di sejumlah perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia ini bertujuan menjaring talenta muda untuk berkarier di PLN.

“Employer branding merupakan satu program yang tugas utamanya membantu bidang pengadaan pegawai (rekrutmen) melalui sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia” ujar Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (9/3).

Di hari yang sama, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Amir Rosidin hadir sebagai pembicara dalam kuliah umum atau studium generale yang dihadiri lebih dari 500 mahasiswa ITB dari berbagai jurusan. Dalam kuliah umum tersebut, Amir menjelaskan pula soal sistem rekrutmen yang menggambarkan informasi perihal sistem benefit and compensation yang ditawarkan oleh PLN seperti mengenai budaya kerja perusahaan dan jenjang karir di PLN, yang diharapkan menjadi nilai lebih sebagai penarik minat.

Di samping itu, PLN juga mengadakan kompetisi Vlog SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) bertema “Unboxing SPLU” yang berisi karya video log berdurasi kurang lebih dua menit.

Made mengungkapkan, untuk dapat menarik minat peserta, PLN menggunakan model presentasi dengan sistem hologram, sebagai sistem seleksi yang diadakan melalui kasting tersebut.

Harapannya, karya tersebut mampu memberikan nilai jual lebih besar terhadap tren baru inovasi PLN, yang menggambarkan kebutuhan penyediaan jasa tenaga listrik di masa depan, baik untuk mendukung sektor kegiatan usaha mikro kecil dan menengah, maupun menyokong kebutuhan tersedianya kendaraan listrik.

“Itu sebabnya dalam kompetisi ini, diharapkan para mahasiswa tertarik untuk unjuk kegiatan atau menciptakan sesuatu yang berkaitan dengan keberadaan SPLU,” tambah Made.

Dengan adanya serangkaian kegiatan Employer Branding ini, mahasiswa bisa mendapatkan gambaran tentang berkarir di PLN serta membangun Indonesia dengan penuh optimisme. Di kegiatan ini pula karyawan muda PLN dan mahasiswa berbagi pengalaman tentang bagaimana kehidupan kerja kantoran hingga aktivitas sosial seperti recovery kota pasca bencana.

Tahun ini terdapat 10 orang mahasiswa kerjasama PLN angkatan 2017 yang masih berkuliah di FTMD-ITB. Perjanjian kerjasama antara ITB dan PLN juga berlangsung di Fakultas Teknologi Industri (FTI) untuk pendidikan program studi magister logistik, angkatan ke-1, Tahun Akademik 2018/2019.

Tahun lalu, ITB juga telah bekerja sama dengan PLN dalam program Ekspedisi Papua Terang, dengan misi mempercepat elektrifikasi pada daerah-daerah tersebut.

“Jadi tidak melulu bercerita soal bagaimana bekerja di sektor pembangkitan, transmisi dan distribusi, melalui program ini para talenta milenial PLN bercerita bagaimana bekerja di PLN bukan hanya sebagai tempat mencari upah, melainkan soal makna. Bagaimana pekerjaan melistriki Nusantara ini sangat berpengaruh terhadap hajat hidup masyarakat banyak,” kata Muhamad Ali, Direktur Human Capital Management PLN selaku Casting Director. (him)

Berita Terkait

  • Infokampus.news, Malang - Demi berantas kemiskinan di Jawa Timur yang angkanya masih cukup tinggi dibandingkan provinsi-provinsi lain di Jawa, Balitbang Provinsi menggandeng beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Negeri Malang. Kepala Balitbang Provinsi Jawa Timur Agus W menyebutkan akan menggandeng kampus tidak hanya di bagian riset saja namun juga pada pelaksanaan pengentasan kemiskinan. "Saat ini kemiskinan masih 2 digit  sekitar 4 juta orang yang miskin, kami berharap…
  • Infokampus.news – Dilatarbelakangi oleh fenomena klimatologi di wilayah Timur Tengah, peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) mengembangkan aplikasi untuk mendeteksi badai. Inovasi ini diberi nama “Hidrometeorological Hazard Early Warning System (H-HEWS)” yang dibuat khusus untuk mendeteksi badai di Arab Saudi. Baru-baru ini, inovasi karya peneliti Dr. Armi bersama tim ini berkesempatan mengikuti Festival Janadriyah Ke-33 di Riyadh, Arab Saudi. Armi memaparkan, bencana badai yang sering terjadi di Arab Saudi akhir-akhir ini…
  • infokampus.news - Mulai tahun 2011, ITB menggunakan SNMPTN dan SBMPTN untuk melaksanakan seleksi mahasiswa baru program sarjana di semua Fakultas dan Sekolah di ITB. Selain dari pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain. Maka dari itu jika Sobat FoKus tertarik untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan memilih Institut Teknologi Bandung untuk menjadi pelabuhan terakhir mengejar cita-cita kamu. coba simak tingkat…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Balsa Bridge Competition
Juarai Balsa Bridge Competition, 2 Mahasiswa Unisma Ini Berambisi Melaju ke Kompetisi Internasional

Infokampus.news, Malang - Dua mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) Reza Dwi Cahyo dan Rifqi Nur Hanafi berhasil mengantongi piala dan

Close