Era Digital Sudah di Depan Mata, Ayo Siapkan Diri!

Infokampus.news, Malang – Era digital sedang sedang berlangsung kini, identik dengan penggunaan teknologi di setiap lini kehidupan kita. Persiapan menyambut digitalisasi inilah yang menjadi suatu keharusan di tengah himpitan persaingan yang makin ketat.
Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Budi Wibowo mengatakan, era digital menuntut keaktifan dalam mempersiapkan diri agar mampu beradaptasi di era serba teknologi dan instan ini.

“Selain itu, keberadaan teknologi ini menciptakan hubungan saling ketergantungan antarmanusia, sehingga mendorong masyarakat lebih aktif, kreatif dan produktif dalam menemukan teknologi-teknologi baru,” kata Budi Wibowo, seperti dikutip dari ugm.ac.id.

Keadaan dunia yang saat ini memasuki era ekonomi kreatif juga membentuk suatu pergeseran di bidang ekonomi. Pergeseran tersebut terjadi dari ekonomi pertanian menuju ekonomi industrial, kemudian disusul oleh era informasi. Namun, hal tersebut tentu mengasilkan suatu temuan—temuan baru di bidang teknologi informasi yang menuju ke era ekonomi digital.

Baca Juga :

Era industrialisasi juga telah menciptakan pola kerja, pola produksi, serta pola distribusi yang sistematis untuk kemudahan serta efisiensi. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa masalah bukan berasal dari pertambahan penduduk, tetapi dengan syarat masyarakat bisa mandiri dalam meningkatkan daya hidup melalui kreativitas yang dimiliki.

“Industri kreatif fokus pada penciptaan daya kreasi, baik menciptakan, maupun memodifikasi sesuatu agar bernilai ekonomis. Sektor industri kreatif layanan komputer dan piranti lunak merupakan kolaborasi perkembangan ekonomi Era Informasi dan Era Ekonomi Kreatif,” paparnya.

Penulis : Ucha Julistian

Editor : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Berprestasi Tapi Kurang Mampu? Coba Beasiswa Afirmasi!
Berprestasi Tapi Kurang Mampu? Coba Beasiswa Afirmasi!

Kamu mahasiswa berprestasi, ingin studi lanjut namun terhalang biaya? Jangan khawatir sebab Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kini memberikan peluang...

Close