Era ekonomi Digital, BPKN RI Beri Kuliah Umum di Fakultas Hukum UB

INFOKAMPUS.NEWS – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI memberikan kuliah umum tentang Perlindungan Konsumen Era Digital di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB). Kuliah umum yang diadakan dalam rangka Hari Konsumen Nasional  mengajak Milenial untuk bersikap Kritis, terutama di Era Ekonomi Digital sekarang ini.

 

Kuliah Tamu BPKN RI di Fakultas Hukum UB

Acara yang diikuti oleh ratusan mahasiswa, kalangan akademisi serta praktisi ini  diselenggarakan di Auditorium Lt. 6 Gedung A Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (18/02/20).

Melalui Kuliah umum dari BPKN  RI ini diharapkan peserta mendapatkan informasi mengenai  BPKN, UU Perlindungan konsumen, perlindungan konsumen era digital dan kasus pelanggaran perlindungan konsumen, cara mengatasi kasus yang terjadi.

Acara yang dimoderatori oleh Sinta Puspitasari S.H.,M.H ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait hak-hak dan keselamatan konsumen ketika melakukan transaksi barang dan jasa.

Dalam sambutannya, Dr. Siti Hamidah, S.H., M.M selaku Wakil Dekan I yang mewakili Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BPKN RI yang sudah berkenan berkunjung ke Fakultas Hukum UB, serta memberikan pemahaman yang luas kepada mahasiswa terkait UU PK No 8 tahun 1999.

Baca Juga :  UTBK 2022 Dimulai Hari Ini, Cek Alur Pelaksanaan serta Dokumen yang Wajib Dibawa

Sementara itu, Ana Maria selaku Komisioner BPKN RI, dalam sambutannya menyampaikan persoalan Perlindungan Konsumen Nasional merupakan masalah bersama.

“Maka diperlukan solusi untuk memberikan kepastian hukum bagi konsumen, serta mengajak Perguruan Tinggi berperan aktif untuk meningkatkan pemahaman, edukasi dan sosialisasi tentang Perlindungan Konsumen, yang akan memberikan pengaruh besar terhadap perlindungan konsumen,” ungkapnya.

Sedangkan Bambang Sumantri, dalam kesempatan ini menyampaikan mengenai  banyaknya pengaduan yang masuk ke BPKN RI. Hal itu membuktikan konsumen sudah cukup berani memperjuangkan haknya walaupun belum sepenuhnya, terbukti dari banyaknya pengaduan masyarakat yang diterima BPKN yang terus meningkat tajam.

Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan dapat menjadi garda terdepan sebagai konsumen cerdas, kritis dan bisa berperan aktif memperjuangkan hak-haknya sebagai konsumen.

Sebagai konsumen dan mahasiswa sebagai kelompok milenial harus menjadi corong untuk mengedukasi milenial lainnya, serta menambah Indeks Keberdayaan Konsumen dimana (IKK) tahun 2019 ini 41,7.

Harapannya dalam rangka  Hari Konsumen Nasional ini upaya yang dilakukan bisa membuat mahasiswa teredukasi dan meningkatkan pemahaman terkait hak dan kewajibannya. (Rfl)

 

Baca Juga :  UTBK 2022 Dimulai Hari Ini, Cek Alur Pelaksanaan serta Dokumen yang Wajib Dibawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *