Fakultas Kedokteran UIN Jakarta Terima 50 Penghafal Al-Qur’an!

Infokampus.news – 50 calon mahasiswa dari berbagai pondok pesantren di seluruh Indonesia yang merupakan penghafal Al Quran (hafidz) berhasil masuk Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Dari jumlah 2.416 hafidz dari pondok pesantren di seluruh Indonesia, akhirnya terseleksi 50 santri. Mereka diseleksi di wilayah masing-masing,” kata Dekan FKIK UIN Jakarta Prof Dr Arief Sumantri M.Kes kepada pers, Kamis.

Selain itu Arief menambahkan bahwa proses seleksi masuk FKIK para santri yang hafal Alquran 30 juz ini sangatlah ketat. Selain itu, bagi mereka yang lolos seleksi juga telah tersebar ke beberapa jurusan yang ada di FKIK UIN Jakarta.

Kesejajaran Ilmu Santri dan Siswa

FKIK UIN Jakarta itu sendiri merasa perlu terlibat dalam pemberdayaan para santri agar para santri tersebut mampu berdiri sejajar dengan para siswa yang datang dari lembaga pendidikan non pesantren.

“Para santri itu jika diberdayakan akan mampu berdiri sejajar dengan lulusan nonsantri. Tentu perlu apresiasi lebih kepada para santri yang hafal Al Quran 30 Juz. Mereka memiliki daya ingat yang bagus,” tegas Arief.

Baca Juga :

Terapkan Ilmu Agama ke Pendidikan 

Ia menambahkan keberadaan FKIK yang relatif baru di UIN Jakarta adalah upaya memenuhi kebutuhan terhadap pendidikan tinggi yang sesuai dengan tuntutan masyarakat serta untuk mendukung pengembangan perguruan tinggi dalam mengintegrasikan aspek keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

Pendirian FKIK pada 30 Desember 2002 itu juga dimaksudkan untuk menjawab tantangan dalam mewujudkan konsep Indonesia Sehat 2010 yang dicanangkan pemerintah serta membutuhkan lebih banyak tenaga dokter, apoteker, perawat dan tenaga kesehatan masyarakat.

Di samping itu, pendirian FKIK adalah untuk menampung lulusan Madrasah Aliyah dan pondok pesantren yang berada dalam rural area yang selalu termarginalisasikan karena kalah bersaing, baik secara ekonomi maupun prestasi untuk memasuki program studi umum pada universitas negeri/perguruan tinggi negeri. (ir)

 

Sumber : Antara

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Solusi Kemristekdikti Bagi Masalah Penelitian

Salah satu hambatan peneliti dalam melakukan penelitiannya terletak pada pertanggungjawaban keuangan

Close