Fakultas Kedokteran UNSOED Sosialisasikan Program ASI di Banyumas

Infokampus.news – Tim Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) melaksanakan pengabdian masyarakat melalui Sosialisasi untuk gencarkan program ASI di Balai Desa Karangnanas Sokaraja, Banyumas Sabtu (18/8) lalu. Acara ini merupakan rangkaian Dies Natalis Fakultas Kedokteran Unsoed, program kali ini dengan tema  “Manajemen Laktasi untuk Ibu Hamil dan Ibu Mneyusui Sebagai Upaya Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak”.

Dr.dr.Qodri Santosa, Msi., Med., SpA menyampaikan pentingnya dukungan keluarga terutama suami dalam upaya mencapai keberhasilan menyusui. “kondisi ibu yang stress, kurang istirahat, sedih, emosi, dan juga nyeri akan mempersulit proses menyusui dan mengakibatkan pengosongan ASI yang tidak efektif” ungkapnya.

Hal ini mengakibatkan produksi ASI terganggu dan apabila hal tersebut tidak segera diatasi maka keluarga pasti akan memilih susu formula sebagai solusinya. Beliau menjelaskan bahwa bayi bukanlah anak sapi, sehingga seringkali terjadi alergi susu sapi yang mengakibatkan berbagai keluhan pada bayi.

Semua hal tersebut tidak akan terjadi pada anak yang diberi ASI. ASI merupakan makanan bayi terbaik yang diciptakan oleh Tuhan dengan segala kelebihannya yang tidak dapat tergantikan oleh makanan dan minuman lainnya. ASI mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya, disamping itu , ASI mengandung zat-zat kekebalan yang melindungi anak dari infeksi dan penyakit kronis, serta emngurangi kemungkinan menderita gangguan kesehatan.

Kegiatan ini merupakan kerjasama lintas sektoral di bdiang kesehatan dengan Puskemas Sokaraja 1, serta dengan jajaran pemerintahan desa Karangnanas. Tim FK UNSOED yang terdiri dari dosen dan staff kependidikan : Dr.dr, Qodri Santosa, Msi.Med, SpA; dr. Muhammad Fakih, MM; dr. Miko Ferine, Mmed.Ed; dr Alfi Muntafiah, MSc; Ampuh Barlianto; Dewi Anggraeni; Watno bekerjasama dengan kepala Puskesmas Sokaraja 1: dr. Fajar, MM dan Kepala Desa Karangnanas Kuswanto, W.A yang juga hadir dan turut memberikan sambutan.

Demikian pula bidan desa yaitu ibu Tri Yogi, Amd.Keb juga ikut berperan aktid terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. antusiasme peserta sangat baik, etrbukti dari hadirnya peserta yang memenuhi balaidesa Karangnanas berjumlah 58 orang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui dan sejumlah eprwaiklan Kader Posyandu. (Jul) 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Unjuk Gigi dan Raih Prestasi
UNNES Unjuk Gigi dan Raih Prestasi pada Ajang Asian Games 2018

Infokampus.news – Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali meneguhkan reputasi dengan unjuk gigi dan meriah prestasi. Tiga mahasiswa UNNES ini

Close