Fakultas Peternakan Unikama Mulai Dorong Mahasiswa Banting Setir Jadi Pengusaha!

Infokampus.news, Malang – Fakultas Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) saat ini mulai mendorong para lulusannya untuk banting setir menjadi wirausahawan. Hal ini lantaran memang potensi alam di daerah asal para mahasiswa yang rata-rata berasal dari Indonesia bagian timur sangat menguntungkan.

Hal ini diungkapkan oleh dekan Fakultas Peternakan Unikama Dr. Ir. Enike Dwi Kusumawati, S.Pt., M.P., IPM, di sela acara Strategi Lolos PHBD Kemenristekdikti dan Mencetak Wirausahawan Muda yang digelar hari ini (15/2).

“Disana potensinya besar, misal untuk ternak sapi, babi, dan banyak yang lain. Karena kan mereka rata-rata berasal dari NTB, NTT, Flores, Indonesia bagian timur,” tukasnya pada wartawan.

Mahasiswa sendiri saat ini memang sudah mulai mengikuti tren menjadi entrepreneur di bidang peternakan. Selain itu menurut dekan, pihak kampus sendiri memang sudah sangat memfasilitasi tren wirausaha di bidang peternakan ini.

“Kedepan kami juga akan dibuatkan seperti sentra bisnis begitu, karena kami juga ada produk olahan dari hewan ternak yang kita kembangkan. Seperti es krim dari 100 persen susu sapi, yoghurt,” ungkapnya.

Dr. I Wayan Karnasa, pembicara dalam acara ini juga dengan detail memberikan gambaran untuk membuka bisnis start up bagi mahasiswa. Mulai bagaimana cara membuat business plan dan juga ia memaparkan berbagai strategi marketing bagi para mahasiswa.

“Produk yang ada demand yang jelas dan supply jelas akan kalah dengan yang punya modal besar. Tapi kalian jangan minder, karena bisa jadi dia tak bisa menyediakan secara continue kwalitas dan produk yang bagus,” pungkas Wayan memberi dukungan. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *