Fantastis! Peringkat IPB Masuk 3 Besar PTN Terbaik, Apa Kata Mahasiswanya?

Infokampus.news, Bogor – Selamat buat IPB! Sebuah pencapaian penting baru saja diraih oleh Institut Pertanian Bogor yang beberapa waktu lalu peringkat IPB berada di posisi ketiga perguruan tinggi se-Indonesia berdasarkan data yang dilansir oleh Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti). Kampus yang merupakan pecahan dari Universitas Indonesia (UI) ini naik satu strip dari pencapaian tahun lalu. Bahkan, mengungguli UI yang merupakan induknya.

Pencapaian ini tentunya membanggakan bagi seluruh elemen yang berada di bawah naungan IPB. Tak terkecuali mahasiswanya. Apa kata mereka tentang pencapaian tersebut?

Kali ini tim Infokampus.news berkesempatan mewawancarai beberapa mahasiswa IPB yang akan berbagi cerita seputar pencapaian yang telah diraih oleh IPB. Penasaran? Kuy!

Kualitas SDM IPB Dapat Nilai Sempurna, Lho!

Penilaian suatu PTN melibatkan banyak aspek, salah satunya adalah kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya. Hal tersebut diamini oleh Alfiroos Joluwin, mahasiswa Fakultas Peternakan IPB. Baginya, IPB layak dengan pencapaian tersebut. Hal ini sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

Menurutnya, raihan IPB tersebut tak lepas dari kemampuan mumpuni yang dimiliki SDM-nya.

“Ya, yang paling jelas adalah kualitas SDM IPB mendapat nilai sempurna 4.00 . Di IPB itu banyak sekali profesor dan doktor yang saya tidak bisa sebutkan jumlah konkretnya tahun ini. Tapi dari 1200-an dosen setahu saya ada kurang lebih 700 yang bergelar doktor dan 200 profesor. Dan pegawai perpustakaan, rektorat, bahkan pegawai lab pun sudah banyak yang bergelar di bidangnya,” ujar mahasiswa angkatan 2016 tersebut.

Prestasi Juga Menentukan Peringkat IPB

Lain halnya dengan Alfiroos, Iqbal Satria Perdana memiliki pandangan yang berbeda. Aspek penting yang menunjang keberhasilan IPB ini lebih dikarenakan prestasi yang diraih oleh mahasiswanya.

“Mahasiswa IPB pun banyak mendapatkan berbagai prestasi, baik nasional maupun internasional. Di IPB telah banyak ditemukan penemuan-penemuan seperti beras 4S yang merupakan padi non beras,” ungkap mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Hutan tersebut.

Atas raihan-raihan tersebut, hal ini mendorong IPB untuk mendapatkan akreditasi internasional di beberapa jurusan. Selain itu juga IPB telah menjalin beberapa kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri.

“IPB telah banyak mendapatkan akreditasi internasional di jurusan-jurusannya, dan telah banyak menjalin kerja sama dengan universitas-universitas di luar negeri,” tukas Iqbal.

Nah, itu tadi adalah tanggapan-tanggapan yang disampaikan langsung oleh mahasiswa IPB. Dan memang pencapaian tersebut sesuai dengan kinerja yang dilakukan oleh IPB selama ini. Jadi masih ragu memilih IPB? Nggak perlu ragu lagi, lah. Kualitasnya mumpuni, lho!

Oke, itu tadi sekilas tentang IPB. Anyway, selamat buat IPB. Semoga IPB bisa terus meningkatkan mutu pendidikan demi kualitas pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Sekian, semoga bermanfaat! (sig)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri (PTN) berbasis pertanian dan kedokteran hewan di Indonesia yang menyematkan kata 'pertanian' pada namanya. Sebelumnya, IPB adalah sebuah fakultas pertanian milik Universitas Indonesia. Akhirnya pada tahun 1963, Presiden Pertama RI Ir. Soekarno melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian Insitut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri. Meskipun IPB awalnya hanya pecahan dari UI, namun kualitasnya mampu…
  • pakar dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Faperta IPB melakukan penelitian tentang arahan pengembangan perkebunan teh rakyat
  • Itik lokal Indonesia  merupakan salah satu ternak unggas sumber pangan hewani sebagai penghasil telur itik dan daging.

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
swasta 2
WR I Jadi Ketua BMPS Kota Malang, UNISMA Janji Dukung Sekolah Swasta Untuk Masa Depan Bangsa

Hari ini (20/1) Prof. Drs. H.Junaidi, M.Pd, Ph.D, wakil rektor 1 UNISMA resmi dikukuhkan menjadi ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta

Close