Faperta Uniga Kenalkan Program PPUPIK untuk Budidaya Ayam Kampung Super

Infokampus.news – Kelemahan budidaya ayam kampung selama ini adalah banyak masyarakat yang memelihara ayam kampung dengan skala yang kecil dan dilakukan secara trasional sehingga tidak didapatkan keuntungan secara maksimal. Maka dari itu Faperta Universitas Garut (Uniga) kenalkan program PPUIPK untuk budidaya ayam kampung super.

Ayam kampung super atau ayam silangan adalah hasil kawin silang antara ayam kampung dengan ayam layer petelur ras. Munculnya ayam kampung super dilatar belakangi oleh tingginya permintaan konsumen untuk menyediakan menu ayam kampung dan minimnya ketersediaan di pasaran, maka terciptalah inovasi kawin silang bernama ayam kampung super yang memiliki performa mirip dengan ayam kampung.

Pertumbuhan ayam kampung super jauh lebih tinggi misalnya dapat dipanen setelah masa pemeliharaan dua bulan tentunya dengan kebutuhan nutrisi serta manajemen usaha yang benar. Maka dari itu kedepannya Fakultas Pertanian akan mencoba memberikan membuka pelatihan kepada masyarakat luas mengenai teknis budidaya ayam, kampung super melaluti program pengembangan usaha produk intelektual kampus (PPUPIK).

Selain itu Faperta Uniga berencana untuk membuat pakan khusus untuk ayam kampung super, karena selama ini di pasaran belum terdapat pakan yang khusus untuk ayam kampung super. Hasil penelitian dari Fakultas Peternakan Universitas Garut untuk menurukan biaya produkis pada pakan, ransum, komersial untuk pakan ayam pedaging ras dapat digunakan dengan dicampur dengan jagung dengan komposisi 70 pakan komersil dan 30 % jagung.

Ucapan terimakasih ditujukan kepada Star Energy dan Yayasan Sahabat Cipta yang memfasilitasi Pengabdian masyarakat dalam pembinaan dan pendampingan masyarakat dalam budidaya ayam kampung super dan mendukung dalam mendirikan Agricenter Garut di daerah Pasir Wangi,

Selain itu ucapan terimakasih kepada Kemenristekdikti dan Universitas Garut yang telah memfasilitasi pengembangan Agricenter dalam budidaya ayam kampung super melalui program PPUPIK yang melibatkan dosen dan mahasiswa Peternakan Universitas Garut.

Harapan dengan diadakan program PPUPIK yang melibatkan mahasiswa, mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha lebih jauh diharapkan program ini dapat memberikan manfaat baik terhadap pengembangan dan transfer ilmu pengetahuan, pengembangan lembaga juga dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Strategi Bidang Akademik
UMMI Siapkan Strategi Bidang Akademik untuk Hadapi Revolusi Industri 4.0

Infokampus.news -  Dalam rangka mempersiapkan tantangan Revolusi Industri 4.0 dalam bidang Pendidikan tinggi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) siapkan strategi bidang

Close