Festival Jazirah Arab, Cara Asik Mahasiswa UIN Malang Lestarikan Sastra Arab

Infokampus.news, Malang – Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang menggelar lomba debat Bahasa Arab sebagai rangkaian kegiatan Festival Jazirah Arab 2016 hari ini, Rabu, 1 November 2016. Lomba yang dilaksanakan di lantai 3 Fakultas Humaniora UIN Malang ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Tema yang diangkat dalam lomba tersebut adalah “Nilai-nilai Bahasa dan Sastra Arab Sebagai Pembentuk Moral Bangsa”. Selain berbahasa Arab, sistematika lomba debat ini sama seperti pada umunya. Tim yang memenangkan perlombaan akan diumumkan pada tanggal 5 November 2016 bertepatan dengan penutupan rangkaian acara Festival Jazirah Arab 2016.

Berkarya untuk Melestarikan Sastra Arab

Acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap para mahasiswa agar senantiasa berkarya demi kelangsungan karya seni sastra Arab yang masih asing di telinga para mahasiswa dan selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu sehingga melahirkan penyair-penyair Islam yang diakui oleh dunia.

“Lomba ini juga untuk menumbuhkan minat pada pelajar untuk mendalamai bahasa Arab. Sehingga mencetak generasi mendatang yang berkualitas dalam berbahasa Arab,” kata Hakim panitia Festival Jazirah Arab saat ditemui Infokampus.

Dihadiri oleh Budayawan Sufi

Selain lomba debat, adapun sejumlah lomba lain yang dilaksanakan seperti lomba Ghina’ Al-Araby, Puisi Bahasa Arab, Essay Bahasa Arab, Pidato Bahasa Arab, Kaligrafi, serta Musabaqoh Qiraatul Kutub. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan seminar yang menghadirkan pemateri seorang budayawan dan sufi Chandra Malik serta Redaktur Radar Malang Kholid Amrullah.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu

Foto : Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Benarkah Peradaban Tertua Ada di Indonesia? Ini Penjelasan Sejarawan

Indonesia banyak menyimpan misteri peradaban. Hingga saat ini, para sejarawan dan arkeologi Indonesia maupun dunia terus melakukan penelitian serta menemukan...

Close