Forum Rektor Indonesia & FRPTNU Bahas ” Kampus Merdeka” di Unisma

INFOKAMPUS.NEWS – Menanggapi  adanya”Kebijakan Kampus Merdeka” dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru,  Forum Rektor Indonesia (FRI) dan  Forum Rektor Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (FRPTNU)  mengadakan Focus Group Discussion (FGD) di Universitas Islam (Unisma) Malang pada Jumat (6/3/2020).

Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Forum Rektor Perguruan Tinggi NU (FRPTNU) di Unisma

 

FGD FRI tahun 2020 ini mengusung tema yang sedang Viral yaitu “Kebijakan Kampus Merdeka” dengan narasumber pada FGD kali ini antara lain Prof. Dr.Ir. Suprapto, DEA (Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur), Prof. Dr.. Ir Mochamad Anshari, M.Eng  (Rektor Institut Teknologi  Sepuluh November (ITS), Surabaya) serta Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng, IPU, ASEAN Eng (Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si selaku Wakil Ketua FRI menyampaikan bahwa hasil diskusi ini nantinya akan disampaikan  kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo pada bulan April 2020 sebagai bahan pertimbangan kebijakan kampus di Indonesia. “Hasilnya akan kami sampaikan ke Presiden. Di Malang topiknya mengangkat ‘Kebijakan Kampus Merdeka’,” ungkap Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini.

Baca Juga :  Berapa Biaya Kuliah Mandiri UB 2022 Untuk Calon Mahasiswa Baru?

“Dosennya juga harus merdeka, bukan malah tertekan dengan kebijakan ini, karena belum siap. Ke depan dosen  bisa 25 % untuk kuliah, 25 % tugas dan 50%  untuk magang, untuk menambah kompetensi”jelasnya.

 

FGD di Unisma dihadiri oleh banyak Rektor Indonesia dan Malang. FGD antara lain dihadiri oleh Rektor Universitas Merdeka Madiun, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Rektor  UNU Sidoarjo, Rektor Univ. Islam Madura, Rektor Univ. Alma Ata Yogyakarta, Rektor UNWAHAS Semarang,  dan kampus-kampus lainnya.

Rektor di Malang yang hadir antara lain Rektor Universitas Wisnuwardhana (UNIDHA), Rektor Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Rektor Universitas Ma-Chung , Rektor ITN Malang, Rektor Universitas Widyagama (UWG), Rektor IKIP BUdi UTomo, Ketua  STIE Malangkucecwara dan masih banyak lagi.

FGD ditutup oleh Rektor Unisma , yang juga Ketua Forum Rektor Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (FRPTNU), Prof. Dr. H. Maskuri Bakri, M.Si. Rektor Unisma, Kampus yang memiliki slogan “Universitas Islam Malang dari NU  untuk Indonesia dan Peradaban dunia sebagai tuan rumah menyampaikan terima kasih kepada para Narasumber dan Moderator.

Baca Juga :  7 Peluang Kerja Teknik Nuklir yang Perlu Diketahui!

“FRI harus bangkit untuk menyampaikan hal itu, termasuk juga FRPTNU juga akan menyampaikan hal itu pada Mendikbud pada tanggal 16 besok. Terima kasih kepada tiga narasumber, moderator dan Prof. Rahmad Wahab yang sudah memberikan satu kesimpulan,”pungkasnya. (Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published.