FPSI UIN Ar-Raniry Banda Aceh Luncurkan Pusat Kajian Islam

Infokampus.news – Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (FPSI UIN Ar-Raniry) Banda Aceh resmi meluncurkan pusat kajian psikologi Islam yang disebut dengan Centre for Islamic Psychology Development pada Sabtu (22/12) lalu. Pada saat yang sama, FPSI juga membentuk Islamic Psychology Community (Komunitas Psikologi Islam).

Launching pusat kajian ini dipimpin oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Tasnim Idris M,Ag, dengan dihadiri oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Fuad, M.Hum. Dalam sambutannya, Tasnim mengungkapkan bahwa selain menjadi pusat kajian psikologi Islam, Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry juga berkomitmen untuk mencetak tenaga psikologi dan calon psikolog yang memiliki perspektif keislaman yang kuat, baik mereka yang memiliki minat di bidang Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, maupun di bidang-bidang sejenis lainnya.

Menurut salah seorang dosen psikologi agama UIN Ar-Raniry yang juga sedang mengembangkan dan meneliti konsep-konsep psikologi Islam, Dr. Syafrilsyah, “Keberadaan pusat Psikologi Islam sangatlah penting adanya menimbang (Daerah Istimewa) Aceh adalah provinsi bersyariat Islam, bahkan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry juga mendapat tawaran untuk memberikan layanan Psikologi yang berbasis nilai-nilai Islami dan kearifan lokal.”

Di lain kesempatan, Dekan FPSI UIN Ar-Raniry Prof. Eka Srimulyani, MA., Ph.D menegaskan pula bahwa eksistensi Centre for Islamic Psychology Development atau pusat kajian psikologi Islam ini sangat selaras dengan visi misi UIN dan visi misi Fakultas Psikologi, terkait pengembangan keilmuan psikologi yang berintegrasi dengan kajian Islam (Islamic Studies).

Selain para petinggi fakultas yang telah disebutkan di atas, acara ini turut dihadiri oleh dosen-dosen FPSI UIN Ar-Raniry lainnya yang juga peduli pada pengembangan Psikologi Islam, Jasmadi, M. Psi, Psikolog, dan lain-lain.

Setelah me-launching Centre for Islamic Psychology Development, agenda acara dilanjutkan dengan Kajian Psikologi Islam yang bertajuk “Menjadi Pemuda Islami yang Tangguh di Era Globalisasi” dengan pembicara Dr. Safrilsyah. Kajian dan diskusi tersebut terbuka untuk umum dan diikuti oleh mahasiswa psikologi, serta sejumlah mahasiswa dari program studi lainnya. Selanjutnya, kegiatan keilmuan ini akan digelar secara berkala baik dalam bentuk kajian maupun bakti sosial yang diharapkan dapat memperkenalkan Psikologi Islam ke masyarakat luas, serta berkontribusi untuk melakukan penelitian ilmiah psikologi yang berbasis Islam. (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Politeknik Industri Furnitur
Kabar Bahagia! Gandeng Singapura, kini Indonesia Miliki Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu

Infokampus.news -  Keberadaan Politeknik Industri Furnitur di Kawasan Industri Kendal ini salah satunya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri kompeten

Close