Fresh Graduate dari Kampus Terkenal Bukan Jaminan Gaji Kamu Bakal Tinggi

Infokampus.news – Sebagai mahasiswa yang baru saja lulus (fresh graduate) pasti kita pernah memikirkan berapa gaji yang akan kita terima nanti. Kita juga tidak bisa memprediksikan atau memperkirakan seberapa besar gaji yang kita terima.

Dalam kesepakatan kerja, memilih nominal angka yang tinggi juga dirasa kurang nyaman mengingat kita baru saja berada di dunia kerja, pastinya kita akan merasa sungkan. Disisi lain saat kita memilih nominal angka yang lebih rendah juga terasa kurang karena mungkin kebutuhan kita juga terbilang banyak.

Melihat orang lain memiliki gaji yang cukup besar terkadang membuat kita mematok ekspekstasi yang tinggi. Kebanyakan dari kita merasa serba salah dengan kondisi yang ada. Kita juga akan merasa kesulitan dalam memberikan standart gaji sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman apa-apa.

Memang beberapa fresh graduate dari universitas terbaik di Indonesia akan memberikan patokan khusus mengenai gaji yang ia inginkan. Mungkin saja hal ini dikarenakan mereka mengetahui kapasitas dirinya yang akan dimanfaatkan oleh perusahaan tersebut. Patokan gaji ini akan menjadi hal yang sah-sah saja karena memang hal tersebut adalah hak yang mereka miliki dan merupakan salah satu bentuk dari cara menghargai potensi dan kemampuannya.

Baca Juga :  Kominfo Larang 11 Data Ini Disebar di Media Sosial

Pihak perusahaan yang dilamar juga memiliki hak untuk menerima atau menolak patokan gaji yang diajukan oleh si pelamar. Hal ini menjadi hal yang wajar didalam proses negosiasi antara pelamar kerja dan perusahaan yang sedang mencari karyawan.

Tidak ada jaminan jika kita berasal dari universitas terbaik di Indonesia bisa langsung mendapatkan gaji yang tinggi di tempat kerja pertama kita. Banyak mahasiwa dari universitas terkenal yang merasa gengsi jika harus bekerja menjadi kasir di sebuah toko. Kita tidak bisa selalu mengagungkan almamater karena tidak semua hal dapat diukur dari tempat kita berasal.

Kita tidak pernah tahu rezeki seseorang. Entah orang itu berasal dari kampus terkenal atau tidak tapi jika sudah diberikan takdir mendapatkan gaji yang tinggi di tempat dia bekerja berarti memang dia layak mendapatkannya. Karena memang setiap orang sudah memiliki rezekinya masing-masing, tidak selayaknya kita merasa iri dan dengki dengan orang lain karena merasa diri kita lebih mumpuni. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *