Gagal SBMPTN? 5 Cara ini Bantu Kamu Kejar Impian di Perguruan Tinggi Favorit

Infokampus.news – Jangan panik terlebih dahulu jika kamu tidak dinyatakan lolos SBMPTN 2019. pasalnya kamu masih memiliki jalan pintas agar bisa diterima di Universitas Negeri Favorit yang kamu incar.

Kamu bisa menggunakan jalur mandiri, calon mahasiswa yang masuk jalur Mandiri memang memiliki kocek yang lebih dibandingkan lewat jalur SBMPTN.

Hal tersebut karena mahasiswa yang mendaftar PTN lewat jalur mandiri akan dikenakan uang pangkal yang tergolong tinggi, tetapi selama kuliah nanti kalian tetap akan diperlakukan UKT seperti jalur lain pada umumnya.

Selain itu kamu bisa mencoba masuk universitas swasta, dari segi kualitas universitas Negeri dan Universitas Swasta tidak jauh berbeda. apalagi kini di Indonesia banyak Universitas Swasta yang kalah populer dengan Universitas-Universitas Negeri.

Namun yang perlu kamu persiapkan memang uang yang cukup banyak dibanding masuk ke Universitas Negeri. Pasalnya, bukan hanya dikenakan uang pangkal yang cukup besar, iuran di Universitas swasta juga biasanya cukup merogoh kocek yang cukup dalam.

Pilihan ketiga, kini banyak Universitas Negeri ternama Indonesia membuka kelas vokasi dan politeknik. tentunya hal ini bisa menjadi alternatif jika kalian tidak diterima di PTN yang kalian inginkan.

Baca Juga :  Penutupan Halaqoh Diniyah, Unisma Fokus Keislaman Mahasiswa

Untuk pendidikan vokasi umumnya menyediakan tingkat pendidikan D3 dan politeknik dan akademi menyediakan D1 hingga D4. Sistem pendidikan biasanya lebih mengedepankan kerja praktik ketimbang teori yang banyak disajikan pada ilmu S1.  Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja dengan beberapa perusahaan ternama.

Jika kamu ditolak sementara lewat jalur SBMPTN dan ingin mencobanya lagi di tahun depan kamu bisa mengisi waktu dengan berbagai kursus, misalnya saja kursus bahasa. Sambil menambah pengetahuan, kursus-kursus yang kamu ikuti nanti juga bisa menjadi modal tambahan untuk mengikuti SBMPTN

Gak ada salahnya mencoba lagi tes SBMPTN di tahun depan jika kamu tetap ingin masuk PTN. Belajar dari kesalahan di SBMPTN sebelumnya, di tahun depan kamu pasti lebih punya bekal untuk mengetahui trik lolos SBMPTN. (Jul)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *