Gagal SBMPTN, Ini sebabnya!

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebentar lagi . Di sisa waktu yang tinggal beberapa hari ini, calon peserta perlu mewaspadai penyebab gagal dalam ujian SBMPTN 2016. Dengan begitu, para peserta bisa melakukan persiapan atau menghindarinya.

Simak Penyebabnya

Absen ujian

Peserta ujian yang absen dalam ujian SBMPTN otomatis akan digugurkan sebagai peserta. Tentu secara otomatis pula mereka gagal memiliki kesempatan menjadi mahasiswa kampus negeri. Jadi dalam pelaksanaan Ujian SBMPTN 2016 ini sebaiknya jaga kondisi fisik anda agar selalu prima. Sebagai calon peserta ujian SBMPTN 2016, anda harus hadir full dalam pelaksanaan ujian SBMPTN 2016 yang akan anda ikuti .

Nilai tidak cukup passing grade

Setiap program studi memiliki standar passing grade. Bisa jadi, standar ini berbeda di tiap kampus. Peserta SBMPTN yang nilainya tidak memenuhi passing grade yang disyaratkan tentu tidak akan lulus.

Meremehkan Materi Tes

Jangan coba-coba meremehkan materi tes. Soal-soal SBMPTN itu jauh lebih susah dari pada soal-soal Ujian Nasional (UN). Soalnya, Ujian Nasional adalah ujian yang bersifat evaluasi. Artinya, tujuan Ujian Nasional adalah mengevaluasi sejauh mana anda menguasai materi pelajaran SMA, untuk menilai apakah anda layak untuk lulus SMA atau tidak. Sedangkan SBMPTN adalah ujian yang bersifat seleksi. Artinya, tujuan SBMPTN adalah menyeleksi calon mahasiswa yang layak kuliah di universitas negeri. Jadi sudah kebayang dong, tingkat kesulitan soal SBMPTN nanti seperti apaBerikan Misalnya soal TPA, perlu mengalokasikan waktu untuk melatih semua itu supaya jangan sampai TPA membuat gagal SBMPTN 2016.

Melanggar Tata Tertib

Untuk melancarkan dan mengamankan tes tersebut harus adanya kesepakatan atau payung hukum yang jelas, supaya tidak adanya penyimpangan-penyimpangan terjadi. Nah oleh sebab itulah panitia SBMPTN 2016 mengeluarkan tata tertib bagi peserta SBMPTN 2016. Misalnya seperti tidak membawa Kartu Ujian. Jika peserta tidak membawa kartu ujian maka anda tidak di anggap sebagai peserta ujian SBMPTN 2016, sebab kartu ujian lah yang menjadi identitas anda sebagai peserta ujian SBMPT 2016 atau bukan. Selain itu ijazah/SKHU adalah komponen penting yang harus anda bawa. Jika anda membawanya maka akan menjadi pertimbangan bagi pengawas, karena tidak hanya kartu peserta ujian, ijazah / SKHU juga lah yang menunjukkan bahwa anda adalah peserta ujian SBMPTN 2016.

Nah, bagi calon peserta yang tidak ingin gagal dalam SBMPTN 2016, persiapkan diri dengan baik. Persiapan yang cukup membuat lebih tenang dan memungkinkan membuka peluang lebih besar. Ingat, kerja keras akan membuahkan hasil yang baik. Semoga sukses di SBMPTN 2016! (MW)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Passing Grade Universitas Airlangga (UNAIR) Terbaru 2016!

Universitas Airlangga yang sering kita kenal dengan sebutan UNAIR ini sangatlah erat dengan Fakultas Kedokterannya yang terbaik di Indonesia. Universitas...

Close