Galau Gagal SNMPTN 2017? Jangan Khawatir Ini Solusinya!

Infokampus.news – SNMPTN adalah jalur seleksi nasional tanpa ujian tertulis, namun seleksi SNMPTN didasarkan pada nilai rapor siswa. Siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya akan mendapatkan kesempatan untuk mengikusi seleksi jalur SNMPTN.

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa yang mempunyai kemampuan akademik yang baik. Dengan kemampuan akademik yang baik tersebut, maka dapat diprediksikan bahwa calon mahasiswa bisa menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Setelah dua bulan sejak dibukanya pendaftaran SNMPTN yakni pada tanggal 6 Maret. Panitia melakukan seleksi terhadap prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain, tidak lama lagi akan segera tiba waktunya untuk melihat pengumuman SNMPTN. Berdasarkan jadwal, SNMPTN 2017 akan diumumkan oleh panitia pada Rabu 26 April 2017 pukul 14.00 melalui website resmi SNMPTN.

Hal ini tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu siswa kelas XII SMA/MA/SMK yang ikut mendaftar SNMPTN. Bagi Sobat FoKus yang sedang cemas menunggu pengumuman SNMPTN 2017, berikut alternatif lain yang bisa Sobat ikuti

1. Ikut SBMPTN

Kesempatan menuju PTN masih terbuka lebar melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Saat ini, pendaftaran SBMPTN masih dibuka sampai 5 Mei 2017. Para peserta akan diseleksi berdasarkan hasil tes yang akan diselenggarakan secara serentak pada 16 Mei mendatang.

2. Ikut ujian mandiri

Ada tiga jalur resmi untuk mendaftar ke PTN. Selain SNMPTN dan SBMPTN, jalur berikutnya adalah ujian mandiri (UM). Tak usah khawatir, kuota UM tahun ini cukup besar lho, yakni maksimal 30 persen dari daya tampung suatu program studi. Meski begitu, tak semua PTN menyelenggarakan UM. Ada pula PTN yang membuka UM, tetapi menggunakan nilai SBMPTN. Untuk itu, coba cek informasi setiap PTN melalui laman resminya.

3. Daftar ke PTS

Langkah terakhir jika gagal masuk PTN adalah kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS). Perlu kamu ketahui, kualitas kampus swasta enggak kalah lho dari PTN. Cari PTS yang cocok dengan jurusan yang kamu inginkan. Kemudian, pertimbangkan pula soal biaya yang harus dibayarkan.

4. Coba lagi tahun depan

Jika kamu masih ingin mengejar masuk PTN, maka cara berikutnya adalah menunggu SBMPTN tahun depan. Sebab, SBMPTN bisa diikuti oleh alumni yang lulus dua tahun terakhir. Namun, selama setahun menunggu jangan nganggur. Kamu bisa mengisi waktu dengan kursus, magang, atau volunteer. Sisihkan waktu juga untuk memantapkan materi SBMPTN yang belum dikuasai.

Informasi lebih lanjut mengenai pengumuman SNMPTN 2017 bisa diakses pada halaman ini. (FAM)

 

Sumber: snmptn.ac.id

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Pentingnya Belajar Sejarah Indonesia Menurut Pengamat Pendidikan!

Pentingnya belajar sejarah diungkapkan oleh pengamat pendidikan kondang Indonesia Prof. Dr. Ing. Wardiman

Close