Game Ala Bu Susi (Mantan Menteri Kelautan) Ciptaan Tim “Onion Jam” STIKI Malang Raih Prestasi pada GEMASTIK 2019 di Telkom University

INFOKAMPUS.NEWS – Game Ala Bu Susi, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini diciptakan oleh Tim “Onion Jam” Sekolah Tinggi Informatika  dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang . Tim Onion Jam STIKI Malang ini berhasil meraih prestasi  yang membanggakan pada Ajang GEMASTIK XII tahun 2019.

Tim Onion Jam pada GEMASTIK XII 2019

Universitas  Telkom Bandung, Jawa Barat menjadi tuan rumah  dalam GEMASTIK  XII ini. GEMASTIK XII berlangsung pada tanggal 24-26 Oktober 2019.

Nusantara Rush, Game dengan Karakter Bu Susi

GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan program Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat  Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Tujuan Program ini adalah meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam menajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih  dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi.

Tahun 2019, GEMASTIK digelar untuk yang ke-XII. Adapun tema yang diusung pada tahun ini yaitu “Teknologi Informasi untuk Keunggulan Daya Saing Bangsa”.

Tim Onion Jam yang sangat membanggakan STIKI Malang ini beranggotakan tiga mahasiswa STIKI, yang pertama adalah Suhendra, kedua Bagus Aditama P.P dan ketiga Gido Hutama Putra. Dimana Suhendra dan Bagus Aditama fokus pada bagian programmer game, sedangkan Gido yang pemalu mengerjakan bagian desain atau diskomvis.

Baca Juga :  Mengejutkan! Susul sang Adik, Al Ghazali Tinggalkan Karir dan Kejar Pendidikan di London

Saat ditemui oleh Tim Infokampus,news, Tim Onion Jam STIKI Malang ini memaparkan perjalanan mereka sehingga berhasil meraih Juara ke-3 Pada Kategori Poster di ajang Gemastik 2019 ini (30/10).

Meskipun Tim Onion Jam adalah satu-satunya tim yang mewakili STIKI Malang dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK (Gemastik) 12 tahun 2019 Bidang Aplikasi Permainan, namun mereka berhasil meraih prestasi yang sangat membanggakan.

Tim Onion Jam menceritakan bahwa persiapan mereka dalam merancang game yang bernama “Nusantara Rush” ini hanya 2 bulan. Tema Game ini dibuat berdasarkan tokoh legendaris Indonesia, Ibu Susi Pujiastuti yang merupakan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan) dalam menghadapi Pencurian Ikan dari negara Asing di Wilayah Perairan Indonesia.

Aplikasi Game ini berupa permainan yang tokoh sentralnya adalah Kapten Kapal Bu Lussie (yang memiliki karakteristik Bu Susi) dengan timnya yang bernama Yana (perempuan tangguh bawahan Bu Lussie yang memburu nelayan asing yang mencuri ikan di nusantara). Emansipasi wanita menjadi tema utama dalam Game ini.

Baca Juga :  Informasi Beasiswa Mahaghora untuk D4 / S1 Tahun 2020

Misi Bu Lussie dan timnya adalah memburu kapal nelayan Asing yang melakukan illegal fishing di Wilayah Nusantara. Dimana Game ini memiliki 5 level tingkat kesulitan. Pemain mengumpulkan poin untuk  meningkatkan kekuatan kapal tim Bu Lussie serta dapat dipergunakan untuk membeli kapal baru.

Selamat dan Sukses kepada Tim Onion Jam STIKI Malang, (Rfl)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *