Gandeng 25 Perguruan Tinggi, Tokopedia Berikan Beasiswa untuk Prodi Terkait Tekonologi dan Data

INFOKAMPUS.NEWS – Perusahaan e-commerce Indonesia yakni Tokopedia memberikan beasiswa khusus kepada mahasiswa semester 5 yang kesulitan dalam pembiayaan menyelesaikan kuliah. Beasiswa ini diperuntukkan untuk mahasiswa Indonesia khususnya dari jurusan terkait teknologi dan data serta memiliki prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Cakupan beasiswa meliputi biaya pendidikan selama 2 semester, biaya wisuda, tunjangan buku sebesar Rp. 1.000.000 setiap semester dibarengi dengan tunjangan bulanan Rp. 3.000.000 serta kesempatan magang di Tokopedia.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi yakni, Mahasiswa S1 salah satu universitas yang bermitra dengan Tokopedia, angkatan 2017 atau sedang menempuh semestr 5 yang mengambil jurusan terkait teknologi dan data misalnya sistem infromasi, teknologi informasi, statistik, matematika, teknik komputer, ilmu komputer, teknik industri dan jurusan terkait lainnya dengan IPK minimal 3,30.

Syarat lainnya, bersedia magang di Tokopedia selama 3 bulan, mempunyai prestasi di bidang akademik maupun non-akademik, sedang tidak emndapatkan beasiswa lainnya dan tidak terikat program sejenis, dan yang paling penting tertarik dalam pengembangan teknologi di industri internet.

Baca Juga :  Intip Para Pemenang Kompetisi Menulis Artikel Digitalisasi Kampus menuju World Class University

Dokumen yang dibutuhkan, scan kartu mahasiswa dan ktp, transkrip nilai akademik, curriculum Vitae atau resume, esai singkat dengan ketentuan menjawab pertanyaan berikut “tell us how the internet can shape a better Indonesia and how this program can help you to make impact through technology.” Panjang tulisan antara 400-500 kata dan ditulis dalam bahasa Inggris, format file menggunakan PDF dengan ukuran maksimal 10 MB.

Ada 4 tahap pendaftaran, peserta dapat emlakukan pendaftaran secara online pada link https://sites.google.com/ tokopedia.com/tokopediascholarship/apply-here, lalu pilih nama universitas tempat berkuliah, kemudian klik dan isi pendaftaran online. Batas waktu pendaftaran masing-masing universitas berbeda, cek situs kampus masing-masing dan tahap selanjutnya melalui beberapa seleksi yakni tes psikologi, wawancara dan pengumuman.

Terdapat 25 universitas yang menjadi mitra Tokopedia dalam beasiswa ini, diantaranaya Universitas Katolik Atma Jaya, Universitas Esa Unggul, Universitas Negeri Gorontalo, STIKOM Bali, Universitas Udayana, Universitas Negeri Semarang, Universitas Internasional Batam, Universitas Islam Makassar, UIN Sunan Kalijaga, UIN Walisongo Semarang, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Jambi.

Baca Juga :  Resmi Diubah! UTBK 2023 Tanpa Tes Mata Pelajaran, Simak Alasannya

Selain itu beberapa universitas lainnya, Universitas Jember, Universitas Mataram, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pelita Bangsa, President University, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Surabaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tadulako, serta Universitas Muhammadiyah Malang. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published.