Politeknik Negeri Malang Gandeng PT. Indonesia Power Untuk Rekrut Calon Lulusan

Infokampus.news, Malang – Politeknik Negeri Malang gandeng kerjasama dengan PT. Indonesia Power untuk program perekrutan mahasiswa sebagai tenaga kerja. MoU sendiri dilakukan untuk membuka kelas – kelas rekrutmen pada mahasiswa yang duduk disemester enam.

MoU dilakukan di Aula Pertamina Politeknik Negeri Malang. Dr. Ir. Tundung Subali Patma, MT selaku Direktur menandatangani nota kesepahaman yang dibuat berama PT. Indonesia Power.

Roikhan selaku Direktur SDM dan Administrasi PT. Indonesia Power hadir untuk menandatangani nota kesepahaman mengenai perekrutan mahasiswa yang masih belum lulus.

“Untuk rekrut tenaga kerja lulusan, sebelumnya POLINEMA sudah berkerjasama untuk perekrutan mahasiswa yang sudah lulus. Untuk kerjasama terbaru ini adalah program perekrutan mahasiswa semester enam yang mengikuti PKL di PT. Indonesia Power akan mengerjakan tugas akhir dan lalu selanjutnya akan langsung direkrut sebagai tenaga kerja di PT. Indonesia Power,” pungkas Direktur POLINEMA.

Politeknik Negeri Malang Gandeng PT. Indonesia Power Bentuk Kelas Kerjasama

D3 sendiri akan dijadikan kelas kerjasama dengan PT. Indonesia Power. Nantinya akan ada tiga kelas kerjasama : elektronika, mesin dan listrik.

“Permohonan 100 tenaga kerja dikontraknya dengan mengambil 3 kelas. Dengan begitu POLINEMA memiliki kontribusi yang besar terhadap negara, 10% tenaga kerja akan dikirim dari POLINEMA,” tegasnya.

Roikhan sendiri menyatakan jika berkembangnya tenaga listrik yang diperlukan negara membutuhkan ahli – ahli terapan yang semakin banyak.

“Dari S1 dan D3, yang dibutuhkan sekitar 900 orang untuk tahun ini. Karena itu perlu melakukan kerjasama yang baik dengan perguruan tinggi untuk memperoleh bibit unggul,” pungkasnya.

Begitu dibukanya MEA, pasar tenaga kerja menjadi terbuka. Jika dulu rekrutmen tenaga kerja syarat utamanya adalah WNI, saat ini WNA mulai dominan dipasar tenaga kerja. Dengan kerjasama seperti ini adalah salah satu cara untuk menghadang tenaga kerja WNA.

“Sebagai tenaga kerja harus meningkatkan keahlian, kompetisi harus bagus dan bersertifikasi. Itu kunci untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten,” ujarnya.

Polinema mendidik mahasiswanya untuk ilmu terapan yang langsung bisa bekerja dilapangan. Begitu banyak tenaga tenaga kerja yang dibutuhkan. Tidak hanya menyiapkan mental lulusan, namun juga harus memperhatikan untuk tes kesehatan.

“58% pelamar gugur dites kesehatan karena tidak tahu pola hidup sehat. Maka dari itu perlu diperhatikan kesehatan, kemampuan sinergi untuk berbagi ilmu dan kemampuan leadership,” tambahnya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sosialisasi PT. Indonesia Power Untuk Mahasiswa Teknik POLINEMA

Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) berkerjasama dengan PT. Indonesia Power, mengadakan kuliah tamu dengan mengusung tema " Sosialisasi Program Cooperative Education".

Close