Gelar Acara Transfoodmation 2017, AKAFARMA PIM Serukan Inovasi Bahan Pangan Lokal Khas Indonesia

Infokampus.news, Malang – Akademi Analisis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) Putra Indonesia Malang hari ini (26/8) menggelar Workshop Foodgenic dan seleksi Karya Inovasi Pangan yang bertajuk Transfoodmation 2017. Pada gelaran Transfoodmation2017 kali ini sendiri mempunyai agenda khusus untuk siswa-siswi SMA Sederajat Se-Jawa Timur untuk menciptakan suatu inovasi pangan berbasis pada bahan lokal.

Generasi Muda Harus Bisa Inovasikan Bahan Pangan Lokal

Ketua Pelaksana Kegiatan Transfoodmation 2017 Fitri Eka Lestari mengungkapkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini sendiri guna memberi edukasi lebih kepada para generasi muda agar kembali dapat memanfaatkan bahan pangan lokal khas Indonesia. Karena menurutnya, Saat ini pangan lokal sendiri mulai ditinggalkan padahal potensi dari makanan lokal khas Indonesia itu sangat banyak.

“Kandungan nutrisi di Bahan Pangan Lokal sepeti Singkong dan Ubi itu padahal banyak sekali. Nah ini yang kita ingin tanamkan dalam pola pikir kalangan muda bahwa bahan pangan lokal jangan kita tinggalkan, justru harusnya kita inovasikan agar kembali diminati masyarakat,” Ungkapnya.

Dari Transfoodmation 2017 Dapat Timbul Kecintaan Pada Bahan Pangan Lokal

Dalam kegiatan Transfoodmation 2017 ini sendiri terdapat dua jenis lomba yang dapat diikuti oleh para peserta. Yang pertama adalah Karya Tulis ilmiah berbasis pengolahan bahan pangan dan yang kedua adalah Foodgenic dimana peserta akan memfoto makanan sehingga makanan yang di bidik akan lebih menarik dan menggugah selera.

“Untuk Karya Tulis Ilmiah sendiri dimaksudkan dalam pengolahan bahan pangan lokal tersebut bisa menjadi produk makanan yang menarik. Harapannya muncul inovasi-inovasi baru dari bahan pangan lokal yang berkhasiat tadi,” Pungkasnya.

Harapannya, dari kegiatan Transfoodmation 2017 ini akan muncul inovasi-inovasi menarik dari generasi muda terhadap bahan pangan l.okal kita. Karena dengan berjayanya bahan makanan lokal khas Indonesia di negaranya sendiri, maka akan muncul juga kemadirian dan ketahanan pangan kedepannya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UB Dukung Adanya Fasilitas E-Pub Untuk Penyandang Disablitas

Infokampus.news - E-Pub bisa menjadi salah satu solusi mahasiswa disabilitas yang selama ini menemui kendala dalam proses menuntut ilmu.

Close