Gelar Pameran Insidental Demi Galeri

Infokampus.news, Malang – Sebuah sudut di lantai dua gedung E8 Universitas Negeri Malang (UM) terlihat Nampak dihiasi oleh belasan lukisan dan beberapa karya seni instalasi tiga dimensi. Ternyata, di sudut ini memang digelar sebuah pameran incidental oleh sekelompok mahasiswa jurusan Seni dan Desain.

“Ini pameran incidental dari anak-anak jurusan kami, yang mendominasi (menyumbangkan banyak karya) di sini adalah teman-teman angkatan 2015 dan 2016,” terang Agung Rama, mahasiswa jurusan Seni dan Desain UM angkatan 2016.

Agung sendiri juga menyumbang satu buah karya seni berbentuk batik. Bertajuk Libido #2, pameran karya seni ini adalah yang kedua kalinya berlangsung. Sebelumnya, pameran serupa sudah pernah berjalan pada akhir 2016 lalu.

Pameran ini memamerkan karya-karya para mahasiswa yang telah memiliki karya, namun belum sempat memamerkannya Karena berbagai alasan, salah satunya adalah merasa belum berpengalaman. Oleh Karena itu, pameran ini juga dimaksudkan sebagai sebuah latihan memamerkan karyanya sendiri.

“Daripada disimpan Karena entah masih merasa kurang pengalaman atau memang tidak punya kesempatan, lebih baik karya seni mereka dipamerkan di sini. Memang itu tujuannya, buat menampung karya seni teman-teman yang belum sempat pameran sendiri,” tambah Ranggi Samudra, pelopor pameran Libido.

Sebentuk Protes Untuk Kampus

Pameran bertajuk Libido #2 ini memiliki beberapa tujuan. Tidak hanya bertujuan untuk memberi kesempatan teman-temannya, Ranggi dan kawan-kawan juga mengadakan pameran incidental ini sebagai bentuk protes untuk kampus.

“Kami menyebut ini incidental Karena memang tidak ada dalam agenda organisasi apa pun. Bahkan untuk tempatnya pun ini sebenarnya bukan galeri resmi,” terang Ranggi.

Ia mengatakan, pameran ini diadakan secara dadakan di lantai dua gedung E8 karena untuk jurusan Seni dan Desain tidak tersedia galeri khusus. Padahal permintaan atas galeri tersebut sudah sering dikumandangkan oleh mahasiswa Seni dan Desain.

“Bahkan tempat pameran ini sebenarnya tidak memadai, lihat itu ada atap yang bocor tapi belum ada respon dari pihak kampus. Akhirnya kami yang merespon dengan menjadikannya bagian dari seni instalasi juga,” kata mahasiswa jurusan Seni dan Desain angkatan 2013 itu. (Art)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Akreditasi Institut Teknologi Bandung Terbaru 2017!

ITB atau Institut Teknologi Bandung adalah perguruan tinggi negeri yang sangat favorit terletak di Bandung, Jawa Barat.

Close