Gerakan 1000 Startup Digital Ajak Mahasiswa Unmer Jadi Pahlawan Digital

Infokampus.news, Malang – Universitas Merdeka Malang (Unmer) hari ini (17/1) menjadi tuan rumah dari acara Road To Ignition : Gerakan 1000 Startup Digital yang di diinisiasi oleh KIBAR dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI). Dalam kegiatan yang di selenggarakan di Gedung Pariwisata Unmerbini mngusung tema “ Membangun Beautiful Malang Lewat Startup Digital“.
Kegiatan yang berlangsung dengan format talkshow ini sendiri menghadirkan ahli dan praktisi yang sudah sukses di bidang Startup Digital dan Ekonomi Kteatif seperti koordinator Malang Creative Fusion, Vicky Wahyu; CEO Tabook.co.id, Alvan Zaputra; CEO Beon Intermedia, Danton Prabawanto; Serta Dimoderatori oleh Head of Business Development Beon Intermedia, Afrizal Novian.

Tahun 2020, Indonesia Bisa Menjadi The Digital Energy of Asia

Afrizal mengungkapkan, target dari Gerakan 1000 Startup Digital ini sendiri yaitu agar Potensi Indonesia untuk menjadi The Digital Energy of Asia pada tahun 2020 nanti bisa terealisasikan. Menurutnya, dengan munculnya 1000 startup digital di Indonesia, dapat menjadi suatu solusi alternatof sari pemecahan masalah yang ada selama ini di masyarakat.
“Gerakan 1000 Startup Digital ini juga menjadi sebuah penggerak perubahan dalam kehidupan bangsa yang diinisiasi oleh pemudanya sendiri. Jadi, di sini kita sungguh-sungguh mencari orang yang ingin merubah Indonesia, bukan hanya sekedar berbisnis atau main main,” Ungkapnya dihadapan para mahasiswa yang hadir.

Pahlawan digital, Program Kolaborasi UKM dengan Pelaku Startup

Selain itu, diakuinya bahwa startup digital sendiri bisa membantu perekonomian di Indonesia melalui sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Menurutnya, potensi UKM yang amat besar sudah seharusnya diaentuh oleh teknologi digital saat ini. Apalagi, banyaknya mahasiswa yang tersebar di berbagai daerah harusnya bisa mamnfaatkan Startup Digital Untuk Berkolaborasi dengan UKM yang ada di saerah masing-masing.
“melalui program Pahlawn Digital ini, mahasiswa bisa berkolaborasi dengan UKM yang belum tersentuh teknologi digital dalam bentuk pemasaran dan promosinya. Sudah banyak contohnyata keberhasilannya, hanya tinggal mau atau tidaknya sajauntuk merealisasikannya. Bayangkan, dibeberapa daerah yang sudah sukses perekonomian masyarakat Disekitar UKM tersebut berangsur naik dan cenderung membaik,” Ungkapnya.

Kolaborasi Kunci Penting Keberlangsungan Program Startup

Lebih lanjut, Afrizal berpesan bahwa dalam mengelola suatu program startup hal yang paling penting dalam pelaksanaanya adalah berkolaboraai. Diakuinya, banyak para pelaku startup yang tidak melakukan kolaborasi dengan pihak lain, padahal kolaborasi sendiri membantu para pelaku startup untuk mendapatkan referensi yang banyak terkait kelangsungan program startupnya.
“Banyak bergaul, banyak bersilaturahmi agar banyak juga ilmu yang didapat. Jangan sampai menutup diri sehingga konten startup menjadi monoton karena tidak adanya referensi lain. Oleh karenanya, jika tertarik dalam gerakan 1000 startup digital ini, kami akan pertemukan teman-teman pada para pelaku startup lainnya serta pelaku startup yang sudah suksea agar ide ide baru akan terus muncul,” Pesannya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jumlah Komputer Tak Cukup untuk UNBK 2017, Ini Solusinya

Kekurangan jumlah komputer disebut tidak menjadi penghalang karena bisa meminjam dari sekolah terdekat, bahkan yang berbeda jenjang.

Close