Mahasiswa UB Raih Gold Medal dalam Kompetisi I-SAIID 2019 di Malaysia

Infokampus.news – Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Hal inilah yang dilakukan oleh para mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB). Mereka mendapatkan medali emas (Gold Medal) pada International Student Affairs Invention, Innovation, and Design Competition (I-SAIID) 2019 yang berlangsung di Universiti Teknologi Mara (UiTM), Cawangan Kedah Malaysia berbekal tugas kuliah yang mereka kembangkan sedemikian rupa sesuai dengan imajinasi mereka.

Ketiga mahasiswa kreatif tersebut yakni Ahmad Faatihul (Pebasis 2015), Nahdliyatul (Sastra Inggris 2016), dan Muhammad Sahal (Program Vokasi). Mereka mengikuti kompetisi I-SAIID 2019 dengan membawa project mereka yang diberi nama ‘Educard: The Solution to Learn Grammar Easily’. Educard ini awalnya merupakan hasil dari pengembangan media ajar dari mata kuliah Instructional Media yang diikuti Fatih dan rekan satu kelompoknya.

Cukup sederhana, cara menggunakan kartu ini adalah dengan menyusun kartu sampai menjadi satu kalimat berdasarkan tenses. “Cara bermainnya mirip seperti roleplay poker,” jelas Fatih.

Setelah mendapatkan izin dari rekan-rekan satu kelompoknya di kelas, Fatih kemudian mengembangkan dan mengikutkannya dalam I-SAIID 2019 dan menggaet mahasiswa jurusan lain yang dalam hal ini adalah Nahdliyatul dari Sastra Inggris dan Muhammad Sahal dari Program Vokasi untuk bergabung dalam kompetisi. Saat penjurian, Educard mendapatkan banyak masukan dari dewan juri untuk pengembangan lebih lanjut.

Fatih mengungkapkan sangat bersyukur mendapatkan Gold Medal. Lebih lanjut, Fatih mengungkapkan langkah berikutnya bersama Educard. Salah satunya setelah melakukan beberapa pengembangan, mereka berencana mengikutkan kembali dalam kompetisi berskala internasional.

“Dan apabila sudah memenuhi standar kelayakan sebagai media pembelajaran, kami akan komersilkan di institusi pendidikan atau siapapun yang mau menggunakan,” tuturnya. (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Wisuda Unikama, Staff Kemenristekdikti Ingatkan Tentang Era Disruptive

Wisuda merupakan momen yang sangat sakral dan juga membahagiakan bagi para alumni Universitas Kanjuruhan Malang kemarin (27/4). Namun kesenangan ini...

Close