Grafologi, Kenali Kepribadianmu Melalui Tulisan Tangan

Infokampus.news- “Grafologi adalah ilmu yang mempelajari tentang analisa tulisan tangan. Melalui grafologi kita dapat mengetahui karakteristik, motivasi, kestabilan emosi, serta kekuatan atau kelemahan diri seseorang. Untuk menganalisa hasil tulisan tangan diperlukan keahlian khusus pada ilmu grafologi”

Grafologi atau yang biasa disebut ilmu analisa tulisan tangan ini sudah bekembang sejak berabad- abad yang lalu. Kata Graphology berasal bahasa Yunani, Graph berarti menulis dan Logos berarti ilmu. Di China metode ini sudah digunakan sejak 1000 masehi meskipun tidak secara ilmiah.  Seiring perkembangan zaman, kini grafologi kuno  sudah mengalami berbagai penelitian sehingga dapat dipelajari secara ilmiah dan menjadi ilmu grafologi modern. Tokoh – tokoh  yang berjasa dalam pengembangan grafologi modern antara lain Camillo Baldi, yang berkebangsaan Italia, pada  tahun 1622 ia mengatakan bahwa ada hubungan yang erat antara tulisan dengan kualitas penulisnya, selain itu ada  Jean Michon yang berasal dari Prancis . Melalui penelitiannya pada tahun 1872, ilmu grafologi sudah tersebar hingga daerah Eropa. Dari situ munculah tokoh lain, seperti Georg Meyer, Ludwig Klages, Max Pulver dan Robert Saundek. Ludwig Klages berpendapat bahwa tulisan tangan merupakan pernyataan diri seseorang. Grafologi pada dasarnya memiliki kesamaan dengan tes grafis.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Atasi Kelelahan Hingga Jaga Imunitas Tubuh!

Lalu bagaimana teknik ini bekerja untuk melihat kepribadian seseorang? Grafologi akan melihat kepribadian seseorang melalui beberapa aspek dalam tulisan. Misalnya mengamati kemiringan tulisan. Tulisan yang miring ke kanan biasanya menunjukkan orang yang bersemangat, sedang tergesa-gesa, atau energik, sedangkan tulisan yang miring ke kiri biasanya menunjukkan orang yang tidak suka menulis atau sedang memendam emosi. Sedangkan dilihat dari garis dasar tulisan dapat dilihat bahwa garis dasar naik dianggap menunjukkan optimisme dan rasa bahagia,garis dasar turun dianggap menunjukkan rasa putus asa atau kelelahan sedangkan garis dasar bergelombang yang naik turun bisa menjadi indikasi kepribadian yang labil, penuh keraguan, atau kurang terampil menulis. Selain itu analisa juga dilihat dari ukuran huruf, jarak antara satu kata dengan kata yang lain, tekanan tulisan serta beberapa aspek lain yang ada dalam ilmu grafologi.

Hasil pemeriksaan grafologi banyak dipercaya karena tulisan tangan merupakan suatu hasil dari aspek manusia secara sadar dan tidak sadar. Karena itu melalui tulisan tangan dapat dilihat kedua ciri tetap dan tidak tetap. Grafologi diyakini dapat memberikan pengertian yang mendalam terhadap tiga aspek manusia, yakni fisik (badan), mental (pikiran), dan psikologis (semangat). Dalam ilmu psikologi grafologi bisanya dimanfaatkan untuk intepretasi data dan membantu mendeteksi kecendrungan abnormalitas pada klien. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang akurat diperlukan adanya kecermatan serta ketelitian dalam melihat/menganalisa tulisan tangan subjek, selain itu sebaiknya analisa dilakukan oleh seseorang yang memang ahli dalam ilmu grafologi.

Baca Juga :  Intip Para Pemenang Kompetisi Menulis Artikel Digitalisasi Kampus menuju World Class University

Jadi, apa kamu tertarik belajar ilmu grafologi?(Nid)

Leave a Reply

Your email address will not be published.