Guru Besar UB Temukan Bakteri Asam Ini Ternyata Bisa Bunuh Bakteri Patogen Dengan Efisien!

Infokampus.news, Malang – Bakteri patogen adalah salah satu bakteri yang merugikan untuk makhluk hidup lain. Bakteri ini bisa ditemui dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari, tidak hanya makanan untuk manusia tapi juga hewan.

Namun ternyata Prof. Dr. Happy Nur Syam, guru besar Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang (UB) ini menemukan bahwa ada sebuah asam yang mampu membunuh patogen ini di dalam makanan.

“Jadi pengendalian keamanan produk dan limbah perikanan menggunakan bakteri asam laktat. Seperti yang kita tahu kalau asam laktat itu sudah ada sejak nenek moyang kita, tapi kita belum tahu apa isinya,” ungkapnya pada wartawan.

Bakteri Patogen yang Bikin Sakit Perut Mendadak Bisa Musnah Dengan Cairan Ini Lho!

Dengan adanya bakteri laktobasilus dalam asam laktat, beberapa bakteri patogen dalam makanan mampu dibunuh secara alami. “Bakteri patogen yang sering ditemui dalam produk pangan perikanan iniĀ  seperti bakteri E Coli dan monocytogenes, bisa hilang sama sekali menggunakan asam laktat,” tuturnya lagi.

Cara menggunakan asam laktat ini juga cukup mudah. Hanya dengan memfermentasikan bahan olahan pangan seperti daging, ikan atau ayam dengan menambahkan CFU pada takaran tertentu. “Kalau sosis ya pakai 206cfu per gram atau 500cc per kilo,” tambahnya.

Baca Juga :  Resmi Diubah! UTBK 2023 Tanpa Tes Mata Pelajaran, Simak Alasannya

Namun kekurangan dari temuannya yang diteliti sejak tahun 2006 ini adalah rasa dari produk olahan yang akan terasa masam. “Kami masih akan mengembangkan lagi untuk ini,” pungkasnya. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.