Guru Pendidikan Khusus, ‘Goal Kita, Bimbing Anak Kebutuhan Khusus Masuk Dunia Kerja!’

Infokampus.news, Malang – Dalam acara seminar internasional siswa berkebutuhan khusus yang digelar di Universitas Negeri Malang (UM) pagi hari ini (21/1), narasumber dari Universitas Kebangsaan Malaysia Prof. Madya Dr. Mohd Hanafi bin Mohd Yassin memaparkan materi terbaru. Goal terbaru yang harus seorang pendidik capai di tahun baru ini adalah bagaimana cara seorang guru membimbing murid tidak hanya sebagai pelajar, namun bagaimana mereka masuk dalam dunia kerja.

“Dari awal kita harus rencanakan secara obyektif di sekolah, mereka baik di sisi mana. Kita harus berencana semasa pendidikannya sejal awal,” paparnya pada para peserta seminar.

Ia mengungkapkan sebagai pengajar mereka harus memiliki kemampuan ini, perencanaan bisa dilakukan oleh guru karena bagaimanapun merekalah yang memahami kemampuan akademis seorang siswa.

“Sebagai guru kita harus plan for that, kita harus lihat apa mereka tidak boleh (re:tidak bisa) menyesuaikan diri karena teman tidak kondusif, tidak mesra (re: baik),” tambahnya kemudian.

Diskusikan Dengan Orang Tua Siswa

Namun alangkah lebih baiknya jika pengarahan ini juga didiskusikan dengan orang tua siswa terlebih dahulu agar terjadi komunikasi yang baik.

“Ortu harus tahu, ini harus didiskusikan dengan parents dan pula jangan sampai Orang tua memaksa kehendak mereka,” tuturnya menekankan.

Jika terjadi penekanan, nantinya siswa tersebut tidak akan enjoy dengan pelajaran maupun pekerjaan yang akan ia pilih nantinya di masa depan. Hal ini juga dipengaruhi oleh kemampuan siswa itu sendiri.

“Kalau anak itu capable ya gapapa tapi jangan terlalu di push untuk menuruti keinginan orang tua,” pungkasnya. (pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UM Gelar Konferensi Internasional Pendidikan Kebutuhan Khusus se-Asia Tenggara

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Seminar Internasional Pendidikan Khusus di Gedung Kuliah Bersama

Close