Hadapi Revolusi Industri 4.0, Dulu Kuliah Jarak Jauh ‘Haram’ Sekarang Jadi Begini

Infokampus.news, Malang – Untuk menghadapi revolusi industri 4.0 tidak bisa dipersiapkan secara main-main. Karena jika lengah sedikit tanpa adanya persiapan, Indonesia bisa tertinggal jauh dengan negara-negara lain.
Tak terkecuali setiap kampus yang ada di Indonesia, harus mulai membuka diri terhadap arus perubahan yang sangat kencang ini. Dr. Totok Prasetyo, B.Eng., M.T., Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Kemenristekdikti dalam Konferensi Internasional Teknologi Ramah Lingkungan yang digelar hari ini (27/8) mengungkapkan ada beberapa hal yang harus dicapai oleh kampus di masa kemajuan teknologi ini.
“Sampai ada isilah cyber university, karena dengan adanya revolusi industri ini kita harus bergerak maju adaptasi perubahan teknologi. Dulu cyber system tidak ada, literasi sekarang juga berubah, kita harus mengikuti dan setiap kampus harus siap dengan itu.” Terangnya.
Bahkan jika dahulu pembelajaran jarak jauh menurut Totok ‘diharamkan’, sekarang mulai wajib dilakukan. “Tapi untuk saat ini 250 PT bisa saling ambil mata kuliah daring, tapi harus ijin dulu ya tidak asal ambil.” Tambahnya.
Dengan kemajuan teknologi seperti ini setiap kampus dituntut untuk memperluas jaringan hingga ke ranah Internasional juga. Setiap kampus wajib untuk melakukan sharing idea dengan kampus lain agar bisa memajukan sebuah institusi sesuai dengan peningkatan yang diperlukan.
“Seperti halnya dalam acara ini kami tidak hanya conference tapi juga melakukan MoU untuk student exchange, research development, publikasi dan juga inisiasi konferensi internasional seperti ini lagi dengan beberapa kampus di seluruh dunia seperti dari Malaysia, Jordania, Jepang, dan banyak lagi. Dengan kerjasama begini nanti diharapkan rangking PT akan cepat naiknya,” Ujar Ketua pelaksana Sekaligus Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang, Bambang Sugiono. (Pus)

Berita Terkait

  • Dalam penandatanganan nota kesepahaman Politeknik Negeri Malang dengan PANGDIVIF 2 KOSTRAD yang digelar siang ini (26/7), Wakil Direktur 1 POLINEMA Supriatna
  • Infokampus.news, Malang – Menyambut datangnya bulan ramadhan berbagai kampus berlomba-lomba mengadakan kegiatan seputar Ramadan, seperti buka bersama, nuzulul qur’an seminar dan lain sebagainya, seperti halnya yang dilakukan Program Diploma 3 Kerjasama PLN (D3K PLN) Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengadakan acara bakti sosial dan santunan anak yatim. Acara yang diselenggarakan kemarin (05/06) dimulai pukul 14.00 WIB hingga selesai salat tarawih ini berlokasi di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Dusun Biru Desa Gunungrejo Singosari…
  • Kali ini, prestasi tersebut diraih oleh mahasiswa dari Jurusan Teknik Mesin dalam ajang Lomba Inovasi dan Teknologi atau Inotek Kota Malang.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
prospek kerja untuk gelar S.I.P
Lulusan Ilmu Politik? Berikut Ini beberapa Prospek Kerja untuk Gelar S.I.P

Infokampus.news – Gelar sudah kamu dapatkan namun masih bingung akan dibawa kemana? Masih pengangguran? Lulusan Ilmu Politik? Kali ini tim

Close