Hadiri Wisuda ke-84 UMM, Menkominfo Ingatkan Masyarakat Tentang Pencegahan Wannacry

Infokampus.news, Malang – Saat menghadiri wisuda ke-84 UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, mengingatkan mahasiswa UMM dan juga seluruh warga kota Malang untuk ‘menanggulangi virus’ sejak sangat dini. Menurutnya, perawatan masyarakat terhadap data-data yang ada pada personal computer per individu masih sangat kurang.

Ia menghimbau warga untuk melakukan treatment terhadap data maupun PC dengan membiasakan membackup data, mengupdate software dan rajin memasang antivirus terbaru.

“Biasakan backup data, biasakan update software, lalu download antivirus versi terbaru. Lalu paling penting mengubah password secara berkala, sekarang saya tanya teman-teman terakhir ganti password semua akun gmail, instagram dan sebagainya kapan?” Ujarnya sambil berseloroh dan juga mengingatkan.

Ancaman Cyber Security dan Wannacry Tidak Perlu Dirisaukan Asal Treatment Dijalani Dengan Benar dan Berkala

Menurut dia, ancaman pada cyber security seperti virus yang baru-baru ini menggegerkan dunia yakni ransomware jenis wannacry tidak perlu dirisaukan terlalu lama. Karena dengan treatment yang telah ia jelaskan tersebut masyarakat tidak akan mendapat ‘serangan’ seperti yang menimpa beberapa perusahaan besar di dunia tersebut.

“Kalau masyarakat sadar ancaman cyber security ini berbahaya dan rajin mentreat data maupun PC berkala, insyaAllah resiko bisa ditekan ke level yang paling rendah.” Tambah dia.

Hingga saat ini kasus wannacry sendiri sudah menyerang beberapa institusi dan juga perusahaan di Indonesia, untuk itu ia dan timnya mempersiapkan serta bekerjasama dengan banyak pihak untuk menangani kasus ini. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hari Kebangkitan Nasional, Rektor UNIGA Berharap Mahasiswa Lebih Tangguh!

Menyambut hari kebangkitan nasional, Universitas Gajayana Malang (UNIGA) ternyata juga turut memeriahkan hari ini dengan menggelar banyak acara. Tak heran,...

Close