Halo rek! Iniloh Persyaratan Beasiswa GEMAS dari Pemkot Surabaya

Infokampus.news – Pemerintah kota Surabaya melalui Dinas Pendidikan kota Surabaya menawarkan Program Beasiswa Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri. program ini ditujukan bagi warga Surabaya yang tidak mampu dan sudah resmi diterima di PTN kota Surabaya untuk kuliah S1.

Persyaratan :

  1. Merupakan mahasiswa baru atau mahasiswa on-going yang telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Surabaya.
  2. Merupakan pria/wanita warga kota Surabaya.
  3. Merupakan lulusan SMA/SMK/Sederajat (bagi mahasiswa baru)
  4. sehat jasmani dan rohani
  5. belum menikah.

Berkas dokumen yang dibutuhkan:

  1. Surat keterangan sehat dari Puskesmas/dokter pemerintah
  2. Surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kelurahan
  3. Surat pernyataan belum pernah menikah
  4. Foto diri ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar
  5. Bukti sudah diterima/sudah berkuliah di PTN yang ada di Surabaya
  6. Fotocopy ijazah / Surat keterangan lulus SMA/SMK
  7. fotocopy KTP (orangtua dan peserta)
  8. Fotocopy kartu keluarga
  9. Fotocopy kartu mahasiswa / surat keterangan mahasiswa aktif dan khs bagi yang sudah berkuliah
  10. Fotokopi bukti pembayaran UKT.

Untuk mendaftar, peserta dapat mengisi formulir pendaftaran secara online pada link berikut https://generasiemasdispendik.surabaya/go/id/gen_register dengan memasukan email dan password yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran online.

Baca Juga :  3 Mahasiswa UI Raih Banyak Penghargaan Berkat Tangan Palsu "Canggih"

Selanjutnya login dengan menggunakan email dan password yang telah dibuat kemudian isikan data-data yang diperlukan. bagi mahasiswa baru yang belum mempunyai NIM, bisa diisi dengan angka 1 saja. selanjutnya seluruh berkas dokumen yang disebutkan diatas dapat diserahkan kepada kantor dinas pendidikan (ruang pelayanan satu pintu) Jl. Jagir Wonokromo 354-356 Surabaya sesuai batas waktu pendaftaran sampai dengan 13 Juli 2019 pukul 12.00 WIB.

Pemkot Surabaya sejak lama menjalankan program beasiswa kuliah bagi siswa kurang mampu. lewat beasiswa yang diberi nama GEMAS (Generasi Emas Surabaya) biaya daftar ulang, spp atau uang kuliah tunggal (UKT) serta kebutuhan personal lain dicukupi setiap bulan.

Semula beasiswa ini didanai dari APBD kota subaya ini hanya khusus mereka yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri, seiring berjalannya waktu  Perguruan Tinggi Swasta menjalin kesepakatan atau MoU dengan pemkot Surabaya.

” Tahun 2010 Pemkot Surabaya peduli terhadap mahasiswa yang kurang mampu. dibiayai hingga lulus kuliah bahkan jika ada anak lulusan SMA/SMK dari keluarga kurang mampu tapi memiliki niat kuliah akan dibantu” Ujar kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi.

Baca Juga :  Tim Perwakilan Indonesia Cetak Prestasi di Ajang International Geography Olympiad (IGeo) 2019

Beasiswa ini bertujuan untuk mewujudkan Generasi Emas agar anak dari keluarga kurang mampu dapat meraih sarjana dengan skill teruji. Diharapkan mereka bisa mengentaskan kelaurga mereka dari beban ekonomi. sampai saat ini total penerima Beasiswa Gemas tercatat sebanyak 1.186 Mahasiswa yang baik perguruan tinggi Negeri maupun Perguruan tinggi Swasta,  selamat mencoba ya! (Jul)

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *