Hari Film Nasional, Film “Abri Masuk Desa” Tayang Perdana di Purbalingga

Infokampus.news –  Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Jaringan Kerja Film Banyumas Raya (JKFB) dan Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga. Hal itu untuk menciptakan film pendek fiksi berjudul “ABRI Masuk Desa” (AMD). Film ini akan diputar perdana pada Sabtu (30/3) mendatang di panggung luar GOR Mahesa Jenar Purbalingga, Jawa Tengah.

Sutradara AMD, Bowo Leksono mengatakan, pemutaran perdana ini merupakan program pemutaran bulanan CLC Purbalingga Bioskop Rakyat sekaligus dalam rangka Hari Film Nasional (HFN) ke-69 yang jatuh tepat pada 30 Maret. Film berdurasi 13 menit ini mengisahkan kepulangan Fajar dari kota dimana ia kuliah yang tercium kelompok ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) yang bermarkas di balai desa menjelang Pemilu 1997.

Bowo mengemukakan, film tersebut diproduksi untuk menawarkan sedikit kisah sejarah Orba kepada generasi milenial yang cenderung abai pada sejarah-sejarah kelam di Indonesia.

“Sejarah kelam di akhir kekuasaan Orba saja kurang memahami, terlebih sejarah awal terbentuknya orde yang berkuasa selama 32 tahun itu. Saya pikir, salah satunya kurangnya membaca. Nah, sejarah dalam kemasan film bisa menjadi pilihan renyah dalam mempelajari sejarah,” tuturnya.

Selain pemutaran film yang dilanjutkan bincang-bincang, juga berbagai tampilan kesenian yang melibatkan seniman-seniman asal Purbalingga. Seperti pementasan monolog berjudul Menjelang Pesta Kebun, pembacaan puisi dan penampilan musik berlatar ‘98.

Disamping itu, suguhan ngopi gratis dari Kopi Manik Desa Losari, Kecamatan Rembang, Purbalingga persembahan Bela-Beli Purbalingga. Secara bersamaan, film AMD juga diputar di Gedung Perpustakaan Universitas Teknologi Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerjasama dengan Sumbawa Cinema Society (SCS).

Film yang pengambilan gambarnya dilakukan di beberapa lokasi Desa Cipawon, Kecamatan Bukateja, Purbalingga akhir tahun lalu, merupakan bagian dari program Fasilitasi Pengembangan Perfilman Bagi Komunitas dan Masyarakat tahun 2018 Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news -  Setelah lulus pada September 2013 lalu di Oxford University, Maudy Ayunda ini telah mempersiapkan rencana untuk kembali melanjutkan pendidikan. Kabar membahagiakan datang dari Maudy pada awal Maret lalu. Melalui akun Instagram pribadi @maudyayunda, ia mengumumkan bahwa telah diterima di dua univesitas terbaik di dunia yaitu Harvard University dan Stanford University untuk meneruskan program S2. Keterangan cukup panjang disertakan perempuan berusia 24 tahun ini pada masing-masing potret. Sempat dilanda kebimbangan…
  • Infokampus.news - PT Nestle melalui program rekrutmennya saat ini membuka lowongan kerja terbaru pada bulan April tahun 2019 untuk mencari calon – calon tenaga kerja yang siap diterjunkan ke setiap lini atau divisi kerja dalam perusahaan yang sedang membutuhkannya saat ini. WORKSHOP MECHANIC Persyaratan Pencari Kerja : Pendidikan min. Diploma (D3) Berasal dari jurusan Teknik (Mekanikal) Setidaknya memiliki 1 tahun pengalaman dalam bidang Engineering Memiliki kemampuan : Basic Mechanical Engineering Workshop…
  • Infokampus.news -  Satu lagi tawaran kegiatan pemuda yang bisa kamu ikuti para pemburu beasiswa! Kali ini ASEAN Youth Initiative Confereance (AYIC) 2018 bersama Waskita Karya menawarkan beasiswa Konferensi Pemuda ASEAN untuk mengikuti konferensi yang akan dilaksanakan di Bandung pada bulan September 2018 mendatang. Persyaratan delegasi berusia 18 – 25 tahun, merupakan warganegara anggota ASEAN termasuk Indonesia, mahir berbahasa Inggris, sehat jasmani dan rohani, memiliki minat yang kuat dan pemahaman mendalam…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *