Hari Ini UM Terima Putra Daerah Kayong Utara!

Infokampus.news, Malang – Hari ini Universitas Negeri Malang (UM) menerima 25 orang putra daerah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Pihak UM menyambut baik para mahasiswa ini dengan jamuan rapat khusus yang diselenggarakan hari Senin (8/8) yang berlangsung dari pukul 7.30 hingga 9.30 pagi ini.

“Ya, ini kita dari program kerjasama ya jadi tidak ikut tes mandiri, undangan dan sebagainya. Jadi ini jalur resmi untuk mewadahi para putra-putri daerah yang ingin melanjutkan pendidikan. Ini sebenarnya jumlah pendaftar 175 orang tapi ya yang lolos tes tulis dari tim Universitas ya 25 orang ini dengan jurusan beragam. Sesuai dengan keinginan mereka dan kemampuan kuota kampus,” ujar Sarip Muzahar, Asisten I Sekertaris Daerah Kalimantan Barat selaku perwakilan pendamping mahasiswa kerjasama ini.

Beri Kesempatan Belajar Putra Desa

Kayung utara merupakan kecamatan yang memperluas wilayahnya menjadi kabupaten sejak tahun 2007 adalah salah satu daerah di Kalimantan yang masih terlambat dalam pembangunan. Oleh sebab itu pemerintah daerah setempat berusaha membuat putra daerah meningkat SDM nya dengan pendidikan gratis dan kesehatan gratis.

“Disana itu pembangunan lamban ya, sumber daya rendah lalu partisipasi masyarakatnya kurang. Kita berusaha adakan kerjasama ini karena kita tidak tahu bagaimana meningkatkan ini kalau pendidikan tidak ditingkatkan. Salah satunya beasiswa full ini dari biaya hidup sampai kuliah kami tanggung, kami usahakan sediakan,” imbuhnya kemudian.

Baca Juga :

Harapkan Kerjasama Lanjutan dengan UM

Program kerjasama ini telah berjalan sejak lama dan pemerintah setempat sudah melakukan koalisi dengan banyak daerah. Namun, tahun ini merupakan tahun pertama program kerjasama ini dijalankan dengan Universitas Negeri Malang.

“Ini tahun pertama ya kerjasama dengan UM padahal sebenarnya kita sudah biaya lebih dari 1000 siswa per tahun ini. Ya semoga program ini bisa diteruskan untuk tahun-tahun berikutnya,” ujarnya penuh harap.

Meskipun program ini telah diikuti banyak mahasiswa, namun program ini tidak mengikat para putra daerahnya untuk mengabdi pada pemerintah daerah sepenuhnya. Hanya beberapa lulusan jurusan seperti kedokteran dan tenaga pendidik yang diharapkan kembali untuk membangun daerah ini. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Panglima TNI Ini Dobrak Semangat Mahasiswa!

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjadikan Presiden Joko Widodo sebagai role model bagi para mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI)

Close