Hari Jumat, Kendaraan Berjubal di Area Parkir UM

Infokampus.news, Malang – Universitas Negeri Malang (UM) memberlakukan car free day setiap hari Jumat. Setiap kendaraan bermotor yang dikendarai oleh warga UM harus diparkir di area-area parkir yang telah ditetapkan, seperti di sekitar gerbang UM Jl Surabaya, gerbang Jl Semarang, serta gerbang Jl Veteran.

Karena pemberlakuan car free day ini, maka kendaraan bermotor tidak boleh masuk lebih jauh ke dalam area kampus. Oleh Karena itu, beberapa lahan parkir yang terletak di area dalam kampus tidak bisa digunakan.

Tercatat setidaknya ada 3 lahan parkir yang biasanya disesaki kendaraan bermotor mahaiswa terlihat lengang tanpa ada satu pun kendaraan. 3 lahan parkir itu adalah lahan parkir yang terletak di sekitar gedung Fakultas Ekonomi, sekitar Fakultas Teknik, serta lahan parkir di sekitar Fakultas Ilmu Pendidikan.

Akibatnya, kendaraan-kendaraan bermotor yang biasanya diparkir di area tersebut turut mengisi area parkir lain yang telah ditentukan khusus untuk setiap kegiatan car free day ini. Contohnya adalah area parkir di sekitar gerbang UM Jl Veteran dan gerbang UM Jl Semarang.

Petugas Keamanan Aktif Mengawasi

Yang menjadi permasalahan dari pemusatan area parkir di beberapa titik saja tersebut adalah padatnya jumlah kendaraan bermotor yang diparkir. Untungnya para mahasiswa tidak kesulitan untuk memarkir ataupun mengambil kendaraan bermotor mereka Karena peran para petugas keamanan yang membantu.

“Petugasnya yang jaga cepat tanggap, kalau mau keluar gitu dibantuin, terus sepeda (motor) yang parkirnya miring dirapikan. Jadinya gak ngerepotin kalau keluar masuk kampus,” tutur Ary Ayu, mahasiswi Jurusan Teknik informatika UM.

Menurut Ayu, dengan aktifnya para petugas keamanan malah membuatnya merasa nyaman untuk turut serta mendukung kegiatan car free day di UM. “Nyaman-nyaman aja kok (walau tempat parkir padat kendaraan). Nggak ada masalah juga kalau harus jalan sedikit, itung-itung olahraga,” katanya sambil tersenyum. (Art)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Setiap Jumat, Pintar-Pintar Pilih Parkir di UM

Yang membuat kebiasaan ini sedikit pelik adalah kadang masih ada beberapa mahasiswa yang entah lupa hari atau lupa peraturan.

Close