Hari Peduli Sampah Sebentar Lagi, ‘Indonesia Siap Bebas Sampah 2020!’

Infokampus.news, Malang – Sampah merupakan masalah bersama yang tengah dihadapi oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia yang merupakan salah satu negara penyumbang terbesar sampah di lautan. Hal ini bisa dikatakan wajar mengingat Indonesia adalah negara dengan rangking penduduk terbanyak 5 besar di dunia, namun hal ini bukanlah alasan yang baik untuk membuat negara kita dalam keadaan darurat sampah.

Indonesia dalam keadaan darurat sampah bukan merupakan hal baru lagi, sebagaimana kasus-kasus besar akibat sampah terjadi, namun masyarakat masih belum juga tersadarkan.

“12 tahun lalu meletus gunungan sampah di TPA Leuwi Gadjah Bandung, lalu ada longsor TPA Sumurbatu bekasi. Menurut survey masyarakat Indonesia memang salah satu penyumbang sampah plastik terbesar di dunia, sampai sekarang belum ada kesadaran maupun perkembangan penanganan yang signifikan.” papar M. Andy Hardiyansyah Ketua Pelaksana Malang Bebas Sampah 2017

#Bebassampah2020 Harus Dimulai Dari Sekarang

Kegiatan lingkungan yang diikuti oleh pemuda Indonesia dari berbagai komunitas mulai membuat gerakan-gerakan nyata, salah satunya adalah Malang Bebas Sampah yang akan diperingati 21 februari mendatang. Namun, para pemuda komunitas ini perlu bantuan masyarakat luas dalam upaya pencapaian Indonesia #bebassampah2020.

“Kita perlu pikirkan apa tindakan nyata untuk lingkungan Indonesia, selagi masih mampu, masih ada harapan, mari kita bersatu dan terus bergerak untuk Indonesia bebas sampah 2020! Tahun kemarin kita bekerja sama dengan 88 komunitas dan tahun ini bertambah hingga 180 lebih,” tukasnya.

Selain aksi nyata yang akan digelar satu bulan dari 5 Februari hingga 26 Februari nanti, para pemuda komunitas pemerhati lingkungan yang bekerja sama dengan Ngalam Community untuk memberikan edukasi langsung pada masyarakat Malang. (pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wakil Rektor 1 UM: ‘Gagal Lolos SNMPTN Karena Mantan Pacar, Bisa Saja!’

Ditemui dalam sosialisasi yang dihelat di area kampus, Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Malang (UM) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd menyampaikan...

Close