Hari Pertama UNBK, Semua Berjalan Lancar

Infokampus.news, Malang – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sedang berjalan, siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sedang menjalani hari pertama UNBK.

UNBK tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, jika sebelumnya Ujian Nasional dilakukan bersamaan dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tahun ini Sekolah Menengah Kejuruan mendapatkan jadwal pada sesi pertama sebelum SMA.

Pelaksanaan UNBK tahun ini dilakukan dengan sedikit berbeda dari sebelumnya, pelaksanaan UNBK untuk SMK dan SMA/MA dipisahkan, dengan begitu dapat meningkatkan kosentrasi para peserta UNBK.

UNBK hari pertama di SMKN 3 Malang berjalan dengan lancar dan tenang, ada 332 peserta dari 6 jurusan yang turut mengikuti UNBK 2017.

Elly Murtiningsih, S.Pd staff kurikulum SMKN 3 Malang menyatakan jika perbedaan hanya pada jadwal, jika dulu UNBK dilakukan bersama dengan SMA/MA sekarang SMK di dahulukan.

“Pengaturan sesi UNBK 2017 dibagi menjadi 3 sesi, 332 peserta dari 6 jurusan dikelompokkan pada sesi pertama, kedua, dan ketiga sesuai dengan absensi,” paparnya.

“Jurusan di SMKN 3 Malang sendiri ada 6 jurusan, diantaranya Teknik Komputer dan Jaringan, Akomodasi Perhotelan, Kecantikan Kulit, Kecantikan Rambut, Tata Busana, dan Jasa Boga,” ungkapnya.

“Semua data dari pusat sudah diinstall pada jum’at dan sabtu lalu, semua sudah masuk dan diamankan. Hari ini semua berjalan dengan lancar, pada sesi pertama ini belum ada pengaduan terkait UNBK baik dari siswa maupun pengawas,” papar staff kurikulum SMKN 3 Malang tersebut.

“Untuk sesi pertama ada TKJ 1 dan 2, APH 1 dan 2. Sebagian APH 1 masuk disesi 2 bersama Jasa boga dan Kecantikan, untuk sesi ketiga sendiri ada Kecantikan Kulit dan busana dan Kecantikan Rambut,” jelasnya.

Siswa Sudah Terbiasa, Hari Pertama UNBK Berlangsung Tanpa Kendala

UNBK sendiri ada 4 mata pelajaran yang diujikan, 50 soal untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, 40 soal Matematika, 50 soal Bahasa Inggris dan 50 soal untuk mata pelajaran Teori Kejuruan. Masing – masing mata pelajaran yang diujikan diberi waktu selama 120 menit untuk mengerjakan.

“Pengerjaan soal sendiri belum ada kendala sampai saat ini, semua berjalan dengan baik sama seperti USBN, USEK dan ujian lainnya.
Sebelumnya para siswa sudah diberikan sosialisasi mengenai UNBK, itu membuat siswa menjadi paham dan tidak kebingungan diwaktu hari H,” terangnya.

“Siswa cukup antusias dalam pengerjaan UNBK dihari pertama, harapan saya semua siswa bisa mengerjakan dengan baik, lulus semua, dan pada akhirnya nanti akan memperoleh nilai sesuai dengan yang diharapkan,” tutupnya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beasiswa S1 Luar Negeri di Vietnam Maritime University

Dengan melanjutkan studi di Vietnam Maritime University (VMU), para pelajar akan mendapatkan studi berstandar Amerika.

Close