Hasil UTBK Gelombang 2 Diumumkan, Peluang Lolos SBMPTN Bergantung Strategi

Infokampus.news – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil UTBK gelombang 2 pada Selasa (21/5/2019) lalu pukul 10.00 WIB melalui laman resminya.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pengumuman hasil UTBK SBMPTN akan disampaikan 10 hari setelah pelaksanaan ujian. Pengumuman hasil UTBK kali ini adalah untuk pelaksanaan tanggal 11 dan 12 Mei 2019 lalu.

Selain itu, hasil UTBK bagi peserta difabel tunanetra gelombang 1 dan gelombang 2 diumumkan secara bersamaan pada Selasa (21/5/2019) lalu pula.

Untuk melihat hasil UTBK gelombang 2, peserta hanya perlu memasukkan username dan password yang dipakai saat melakukan pendaftaran. Sementara itu, peserta yang tidak memenuhi persyaratan saat pelaksanaan UTBK, maka hasil UTBK gelombang 2 tidak akan dikeluarkan.

UTBK gelombang 2 yang dilaksanakan selama dua hari tersebut diikuti oleh cukup banyak peserta. Pada 11 Mei 2019, sesi pagi diikuti 63.326 peserta dan sesi siang diikuti 62.589 peserta. Pada 12 Mei 2019, sesi pagi diikuti oleh 60.518 peserta dan sesi siang diikuti oleh 60.180 peserta.

Setelah dinyatakan lolos UTBK, tentunya peserta akan mendaftar SBMPTN dan memilih jurusan sesuai keinginan masing-masing. Di masa-masa ini, banyak peserta yang masih dilema memilih jurusan mana, terlebih lagi ada kemungkinan tidak lolos SBMPTN meskipun nilai UTBK tinggi. Mengapa demikian?

Baru-baru ini viral video unggahan kanal YouTube Ilmu Geografi. Video berjudul NILAI UTBK 400 KALAHKAN 800 TERNYATA INI PENYEBABNYA tersebut telah ditonton lebih dari 52 ribu kali.

Dalam video tersebut narator menjawab pertanyaan terkait berapa nilai aman UTBK untuk bisa lolos SBMPTN. Dijelaskan, sebenarnya tak ada acuan nilai minimal UTBK. Aman atau tidaknya nilai UTBK bergantung kampus mana yang akan dituju. Bahkan di beberapa kasus, nilai UTBK 300 saja sudah cukup untuk masuk PTN. Di kasus lain malah sebaliknya, nilai 500 tidak berhasil menembus PTN. Semua itu bergantung dengan banyaknya pesaing di tiap kampus dan jurusan.

Oleh karena itu, diimbau untuk peserta memikirkan matang-matang hendak memilih jurusan apa dan di PTN mana sebelum mendaftar SBMPTN. Carilah informasi mengenai jumlah pelamar di jurusan dan PTN yang akan dipilih. Tercatat, di kampus-kampus unggulan seperti UI, ITB, Unpad, dan lain-lain, persaingannya super ketat.

Semakin banyak peminat atau semakin populer jurusan dan PTN yang dipilih, maka semakin besar juga persaingannya. Bahkan nilai 800 bisa dikalahkan oleh nilai 400 di jurusan yang sama, namun di kampus berbeda.

Dengan demikian, pemilihan kampus menjadi faktor utama penentuan kelulusan peserta di SBMPTN nanti. (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *